Hadiri Jatim Media Summit 2023, Gubernur : Prinsipnya Harus Mampu Adaptasi

78

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap agar media lokal di Jawa Timur mampu beradaptasi dan bertransformasi secara cepat mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Jatim Media Summit (JMS) 2023 di Whiz Luxe Hotel Spazio, Surabaya, Rabu (24/5/2023).

“Saya rasa tranformasi besar hari ini adalah transformasi digital di berbagai sektor, termasuk untuk media, ” ujarnya.

Wanita nomor satu di Jatim tersebut menegaskan saat ini akses internet yang sangat cepat dan tingkat kepercayaan masyarakat merupakan modal utama bagi media digital untuk merekrut pasar bisnis media digital. Pasalnya, hampir setiap hari masyarakat Jawa Timur mengakses internet.

Baca Juga :   Akan Dibuka oleh Gubernur, Jatim Media Summit 2023 Dukung Pengembangan Media Lokal

“Pertemuan ini tentu jadi pertemuan yang memiliki bobot yang kuat. JMS akan memberikan penguatan kapasitas secara personal maupun institusional,” ujarnya.

Dengan itu, ia menambahkan terkait pentingnya media lokal di Jawa Timur memiliki tekad untuk bertransformasi.

Pasalnya, katanya, berdasarkan data, Media lokal di Jawa Timur hanya memiliki 5 juta pengakses sedangkan media traffic tertinggi di Jakarta bisa mencapai 170 juta pengakses.

“Prinsipnya, kita harus beradaptasi terhadap transformasi dunia,” tegasnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama menanggapi paradigma media lokal yang demikian, CEO Suara.com, Suwarjono yang hadir dalam pembukaan tersebut mengatakan, JMS inilah yang menjadi salah satu harapan bersama.

“Kita bisa membuat solusi sehingga media di Jatim bisa bangkit bersama-sama menghadapi tantangan, dan kita bersama-sama saling bantu,” ucapnya.

Baca Juga :   Akan Dibuka oleh Gubernur, Jatim Media Summit 2023 Dukung Pengembangan Media Lokal

Jatim Media Summit (JMS) 2023 sendiri bertajuk “Kolaborasi Media Lokal Jawa Timur Menembus Batas untuk Naik Kelas”. Acara JMS 2023 ini dihadiri sejumlah pengelola media lokal di Jawa Timur, platform global, agensi periklanan nasional maupun programatik.

Hadir pula praktisi teknologi, CEO pelaku industri media lokal, perguruan tinggi, BUMN, lembaga pemerintah dan sebagainya. (trj/yog)