Tips Menjaga Kesehatan Sebelum Berangkat Haji

55

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bagi yang hendak berangkat haji penting kiranya menjaga kesehatan tubuh. Mengingat, ibadah haji adalah momen yang sangat berharga dan berarti dalam kehidupan seorang muslim.

Nah, agar tak jatuh sakit saat hari keberangkatan, sebaiknya ketahui dahulu tips menjaga kesehatan sebelum berangkat haji. Tentu agar ibadah semakin lancar dan bisa khusyu’ menjalankannya.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan sebelum berangkat haji dilansir dari berbagai sumber:

1. Periksakan Kesehatan Secara Rutin

Sebelum berangkat haji, sangat penting untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pastikan kondisi fisik dan kesehatan dalam keadaan baik.

Periksakan tekanan darah, kadar gula darah, dan kondisi jantung. Jika ditemukan masalah kesehatan, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang diperlukan sebelum berangkat haji.

Baca Juga :   Menyusu Sambil Tiduran Ternyata Berisiko Bagi Kesehatan

2. Perhatikan Pola Makan yang Sehat

Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang sebelum berangkat haji. Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein rendah lemak.

Hindari makanan berlemak dan berat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau masalah kesehatan lainnya. Minumlah air yang cukup untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

3. Dapatkan Vaksinasi yang Diperlukan

Pastikan telah mendapatkan vaksinasi yang diperlukan sebelum berangkat haji. Konsultasikan dengan dokter atau petugas kesehatan mengenai vaksinasi yang disarankan untuk melindungi diri dari penyakit yang mungkin terjadi di tempat tujuan haji. (trj)