Ini 3 Tips Mengurangi Risiko Penyakit Jantung yang Harus Diperhatikan

98

Pasuruan (WartaBromo.com) – Penyakit jantung tetap menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia, dan mencegahnya menjadi prioritas utama dalam menjaga kesehatan. Ada beberapa tips mengurangi risiko penyakit jantung yang perlu diperhatikan.

Dilansir dari alodokter, dr. Pittara menjelaskan bahwa penyakit jantung penyakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai hal. Seperti sumbatan pada pembuluh darah jantung, peradangan, infeksi, atau kelainan bawaan.

“Penyakit jantung adalah kondisi ketika bagian jantung yang meliputi pembuluh darah jantung, selaput jantung, katup jantung, dan otot jantung mengalami gangguan,” terangnya.

Nah, untuk mencegahnya berikut ada 3 tips mengurangi risiko penyakit jantung:

1. Konsumsi makanan sehat

Penting untuk mengonsumsi makanan sehat yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga :   9 Orang Meninggal karena Deman Berdarah

Hindarilah makanan tinggi lemak jenuh, garam, dan gula tambahan. Pilihlah makanan segar, alami, dan masak sendiri untuk mengontrol kualitas dan kandungan gizinya.

2. Pertahankan berat badan yang ideal

Menjaga berat badan yang sehat sesuai dengan tinggi badan sangat penting untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Obesitas meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Usahakan untuk menjaga pola makan seimbang dan teratur, serta menggabungkannya dengan aktivitas fisik secara teratur untuk membantu menjaga berat badan ideal.

3. Lakukan aktivitas fisik secara teratur

Olahraga dan aktivitas fisik secara teratur memiliki dampak positif pada kesehatan jantung. Lakukan olahraga aerobik seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau berenang minimal 150 menit per minggu.

Baca Juga :   Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba hingga Sembuh Total

Aktivitas fisik membantu meningkatkan kekuatan jantung, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah. (trj)