Peran Kecanggihan Teknologi dalam Dunia Pendidikan, Guru Wajib Terapkan!

61

Pasuruan (WartaBromo.com) – Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini telah memasuki ranah pendidikan. Oleh karena itu, peran teknologi dalam pendidikan sangatlah penting.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sudasri Lestari yang berjudul “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi” terbit di Jurnal Edureligia mengemukakan bahwa teknologi merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan, yang terjadi di dunia pendidikan.

Sementara itu, teknologi digital sudah mulai digunakan di dalam lembaga pendidikan sebagai sarana untuk mendukung pembelajaran, baik sebagai alat informasi (yaitu sebagai sarana mengakses informasi) atau sebagai alat pembelajaran (yaitu sebagai sarana penunjang kegiatan belajar dan tugas).

Nah berikut ini Bolo, 3 peran penting teknologi dalam pendidikan dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga :   Wah! Dengan Headset ini, Operasikan Gawai Nggak Pakai Sentuh

1. Sebagai Media Pembelajaran

Penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran sudah tidak asing lagi, mulai dari teknologi yang sangat sederhana sampai teknologi yang canggih.

Teknologi dapat dimanfaatkan untuk menarik minat siswa dalam belajar sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Sebagai Alat Administrasi

Teknologi juga dapat dimanfaatkan sebagai alat administratif. Salah satu manfaat teknologi digital adalah sebagai perbaikan keefektifan pengorganisasian lembaga pendidikan.

“Dengan menggunakan komputer, sebagai salah satu produk teknologi digital, lembaga pendidikan dapat lebih mudah untuk mengelola data administrasi, meliputi data siswa, data guru, maupun data sekolah itu sendiri,” tulis Sudasri Lestari dalam penelitiannya.

3. Sebagai Sumber Belajar

Adanya teknologi digital dapat memainkan peran penting dalam membantu para pendidik dalam memproduksi materi pembelajaran dan memberi mereka kesempatan untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersama para peserta didik.

Baca Juga :   Ramadhan Anti Gabut! Ini 3 Fitur Canggih WhatsApp yang Bakal Buat Kamu Menikmati Puasa

Sementara itu, adanya akses komputer, para pendidik dapat merancang rencana pembelajaran dan menyusun materi yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk dipelajari.

“Tersedianya internet juga memungkinkan peserta didik untuk mengakses informasi dengan mudah dari sumber yang berbeda,” pungkasnya. (tra/trj)