Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Karangketug

81

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kebakaran kembali menghanguskan puluhan bedak dan kios di Pasar Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Sabtu (22/07/2023) malam. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi.

Kasi Humas Polres Pasuruan Kota, Aipda Junaidi mengungkapkan, polisi masih belum bisa memastikan apa penyebab kebakaran di Pasar Karangketug.

Saat ini penyelidikan masih berjalan. Beberapa saksi diperiksa untuk dimintai keterangan terkait kronologi kebakaran yang terjadi semalam.

“Soal dugaan awal penyebab kebakaran, akan dilakukan pemeriksaan forensik bidang Labfor,” ujar Junaidi, Minggu (23/07/2023).

Sementara itu Kabid Pengelolaan Pasar pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan, Slamet Riyadi mengungkapkan, ada 48 bedak dan kios yang terdampak kebakaran kali ini.

Pedagang yang terdampak akan direlokasi. Disperindag setelah ini bakal menyediakan kembali tenda darurat untuk menampung para pedagang tersebut.

Slamet menambahkan, kerugian materiil akibat kebakaran kali ini, secara pasti, masih dalam perhitungan. Namun, ia mengestimasikan kerugian mencapai Rp250 juta.

Untuk diketahui, kebakaran Pasar Karangketug kali ini merupakan peristiwa yang ketiga kalinya. Kebakaran terjadi tadi malam sekitar pukul 22.45 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi mengungkapkan, lima unit mobil pemadam kebakaran dan satu unit mobil water supply terjun ke lokasi. Proses pemadaman membutuhkan waktu satu setengah jam. Pukul 00.20 api baru bisa dipadamkan. (tof/asd)