Jelang Porprov Jatim 2023, KONI Kota Pasuruan Mulai Verifikasi Cabor

406

Pasuruan (WartaBromo.com) – Porprov Jatim 2023 digelar pada September mendatang. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pasuruan mulai melakukan verifikasi cabang olahraga (cabor) di daerahnya.

Ketua KONI Kota Pasuruan, Gangsar Sulistyarso mengungkapkan, buku pedoman teknis yang berisi berbagai ketentuan teknis penyelenggaraan porprov sudah diterima KONI.

Verifikasi administrasi yang dilakukan KONI merujuk pada buku pedoman tersebut, seperti durasi hari selama penyelenggaraan hingga kuota atlet.

“Nanti kepesertaannya kami yang akan memilah-milah,” kata Gangsar, Selasa (25/07/2023).

Hingga saat ini, 34 cabor yang telah diverifikasi secara administrasi. Verifikasi ini diperlukan untuk meneliti potensi atlet seperti pengalaman atlet hingga prestasi yang pernah diraih.

Menurut Gangsar, secara komposisi, atlet bakal berangkat tidak banyak berbeda dengan tahun lalu. Katanya, ada 80 persen atlet yang bertanding di Porprov Jatim 2022, akan kembali bertanding di tahun ini.

Baca Juga :   Bersiasat Agar Tak Tamat; Cerita Para Pedagang di Tengah Pandemi

Dengan komposisi tersebut, Gangsar memiliki gambaran, mereka bisa meraih medali setidaknya sama seperti tahun lalu atau bahkan bisa lebih banyak dari kemarin.

Selain itu, ada beberapa cabor baru yang bakal ikut bertanding di Porprov tahun ini. Di antaranya adalah cabor dayung, gulat, kurash, hingga e-sport.

“Untuk anggaran, ya kami upayakan cukup. Kalau dibandingkan tahun 2019, kan sekarang kami juga baru selesai pandemi. Jadi kami upayakan cukup,” imbuh Gangsar. (tof/syi)