Pembangunan Kawasan Miniatur Makkah Masih Dikaji

290

Pasuruan (WartaBromo.com) – Pembangunan kawasan miniatur Makkah tampaknya bakal segera direalisasikan. Tahun ini, pemkot mengajukan dan menyusun detail engineering design (DED).

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) Kota Pasuruan, Akung Novajanto mengungkapkan, saat ini rencana pembangunan kawasan miniatur Makkah masih dalam feasibility study (FS).

Lokasi yang dipilih sebagai kawasan miniatur Makkah adalah di Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul. Tepatnya tidak jauh dari lapangan krampyangan.

Konsep kawasan miniatur Makkah tersebut nantinya akan ada masjid mirip Masjidil Haram dan miniatur Ka’bah. Kawasan tersebut nantinya diharapkan menjadi pusat keramaian baru. Serta bisa terintegrasi dengan lokasi wisata lainnya yang sudah ada.

“Nanti PAK saya mungkin ngajukan DED-nya. Setelah DED, tahun depan mungkin sudah bisa bekerja,” kata Akung, Selasa (25/07/2023).

Baca Juga :   Pekerjaan Pondasi Payung Madinah Dituding Asal-asalan

Dalam sebuah kesempatan, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf mengungkapkan, daerahnya akan dijadikan sebagai kota manasik. Tidak hanya payung ‘madinah’ hidrolis, pemkot juga akan membangun miniatur Makkah.

Gus Ipul menyebut, untuk membangun miniatur Makkah ini butuh anggaran yang tidak sedikit. Sementara anggaran yang dimiliki pemkot sendiri sangat terbatas. Oleh karena itu, pemkot akan mengajukan bantuan anggaran kepada Pemprov Jatim.

“Kami mengajukan ke ibu gubernur. Kalau nanti cocok, mudah-mudahan tahun depan terealisasi,” ujar Gus Ipul. (tof/syi)