Ada 4 Makanan Khas Probolinggo, Mana Makanan yang Bolo Kenal?

265

Pasuruan (WartaBromo.com) – Selain sektor wisata alam, Probolinggo juga punya berbagai destinasi wisata kuliner yang selalu diserbut wisatawan. Seperti tiga makanan khas Probolinggo yang sudah terkenal sejak jaman dulu ini.

Makanan-makanan ini punya rasa dan nama yang unik. Bagi yang pertama kali berkunjung ke Probolinggo tentu harus mencoba tiga kuliner ini.

Makanan-makanan khas ini telah menjadi kebanggan penduduk Probolinggo. Tidak heran jika wisatawan pecinta kuliner sering mencari makanan khas Probolinggo tersebut.

Sementara itu, makanan khas di Probolinggo juga punya banyak bentu dan citra rasanya yang khas. Tentunya Bolo pasti penasarankan? Nah, berikut ini dilansir dari berbagai sumber:

1. Kepiting Olok

Salah satu makanan khas yang terkenal di Probolinggo adalah Kepiting Olok. Pasalnya, kata “Olok” merupakan kata yang dipakai oleh warga Probolinggo untuk menyebut kepiting muda yang dapat ditemukan di pantai.

Baca Juga :   Polisi Buru Pasangan Kekasih yang Mesum di Masjid

Sementara itu, kepiting Olok ini diolah menjadi hidangan lezat yang sangat menggugah selera. Proses pembuatan Kepiting Olok melibatkan pengukusan kepiting dan pemisahan daging dari cangkangnya.

Daging kepiting tersebut kemudian diolah bersama udang dan bumbu-bumbu khusus sebelum dimasukkan kembali ke dalam cangkangnya. Sehingga, Kepiting Olok memiliki cita rasa yang gurih dan manis yang benar-benar enak.

2. Ketan Kratok

Jika dilihat sekilas, Ketan Kratok dari Probolinggo tampak seperti ketan biasa. Namun, yang membuat makanan ringan khas ini istimewa adalah adanya campuran kratok atau kacang koronya.

Untuk Proses pembuatannya sangatlah menarik yakni dimulai dengan merendam beras ketan, lalu dimasak bersama kacang koro, kemudian Ketan Kratok disajikan dengan ditaburi kratok dan sirup gula merah atau juruh.

Baca Juga :   Peserta SKD CPNS Lahiran saat Ujian, hingga Ribuan Penerima PKH Mundur Setelah Dilabeli “Keluarga Miskin | Koran Online 5 Feb

Kratok biasanya juga digunakan sebagai bahan dalam sayur lodeh, tetapi lebih nikmat jika dicampur dengan ketan. Pengalaman mencicipi Ketan Kratok akan menjadi lebih istimewa ketika dinikmati di daerah asalnya.

3. Nasi Jagung Merpati

Tidak hanya Ketan Krotok saja, di Probolinggo juga ada Nasi Jagung Merpati. Nasi tersebut merupakan hidangan khas dari Probolinggo yang wajib dicicipi saat Bolo mengunjungi Kota Probolinggo.

Nah, perlu diketahui bahwa hidangan ini menggunakan bahan dasar jagung yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan berbagai jenis lauk.

Meskipun hidangan ini memiliki nuansa tradisional, cita rasa Nasi Jagung Merpati ini sungguh lezat dan tak perlu diragukan lagi, sensasinya terasa di seluruh lidah. Benar-benar enakBolo harus mencobanya!

Baca Juga :   Cegah "People Power", Penumpang Bus dan KA di Kota Probolinggo Diperiksa

4. Nasi Glepungan

Nah, makanan khas satu ini sangatlah unik lho, namanya adalah Nasi Glepungan. Nasi Glepungan ini mirip seperti nasi campur dengan beragam lauk yang lengkap.

Namun yang menarik dari makanan khas Probolinggo ini adalah nasi yang digunakan terbuat dari campuran nasi dan sari-sari jagung.  Biasanya, Nasi Glepungan terdiri dari ikan asin, lalapan, sambal pedas, sayur kelor, tempe, dan tahu yang dihaluskan. Semua komponen ini disajikan dalam satu piring. (tra/trj)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.