Letaknya 3 Km dari Desa Jangkang, Salah Satu Air Terjun di Probolinggo Ini Sangat Indah

190

Pasuruan (WartaBromo.com) – Bosan berkunjung ke tempat wisata yang itu-itu saja? Cobalah untuk melancong ke tempat wisata yang masih sangat lekat dengan alam, misalnya air terjun yang ada di Probolinggo.

Meskipun Probolinggo sebuah kota kecil yang terletak di Jawa Timur, daerah ini justru menyimpan pesona alam yang menakjubkan dalam bentuk air terjun yang indah.

Jika Bolo sedang merencanakan liburan alam yang menenangkan, jangan lewatkan untuk mengunjungi air terjun-air terjun spektakuler di Probolinggo.

Berikut dilansir dari berbagai sumber beberapa rekomendasi air terjun yang wajib Bolo kunjungi:

1. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura dikenal sebagai air terjun tertinggi di Jawa Timur dan juga memiliki nilai sejarah yang kuat dalam kisah perjalanan Mahapatih Gajah Mada.

Terletak tidak jauh dari Gunung Bromo, berada di Branggah, Sapih, Kec. Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Baca Juga :   Warga Tionghoa Memandikan Rupang Usai Antar Dewa ke Langit

Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memukau dengan air yang jatuh dari ketinggian dan dikelilingi tebing-tebing curam. Bolo bisa menikmati suasana mistis dan keindahan alam sekitar yang menenangkan.

Pasalnya, Air Terjun Madakaripura sering disebut sebagai air terjun abadi karena airnya selalu mengalir tak berkurang, bahkan saat musim kemarau.

Nah, Bagi Bolo yang ingin mengunjungi Air Terjun Madakaripura, disarankan untuk datang antara pukul 7 pagi hingga 4 sore WIB.

2. Air Terjun Purba Tirai Bidadari

Pasalnya, Air Terjun Purba Tirai Bidadari ini masih belum terkenal di kalangan banyak orang, bahkan sampai sekarang namanya masih jarang terdengar.

Tentunya hal ini wajar sekali, karena air terjun kuno ini tersembunyi di wilayah Desa Ranugedang, Kecamatan Tiris, dan agak sulit untuk dijangkau.

Namun, jika ditempuh dari Desa Jangkang, ada jalur yang lebih mudah, khususnya di Dusun Lalangan RT 01 RW 01. Air terjun kuno ini hanya sekitar tiga kilometer dari pusat Desa Jangkang.

Baca Juga :   TNBTS Kutuk Perusakan Tempat Sembahyangan Umat Hindu Tengger

Setengah perjalanan harus ditempuh dengan berjalan kaki melalui perkebunan masyarakat dan hutan bambu Perhutani seluas setengah hektar.

Sejauh ini, satu-satunya cara untuk menikmati keindahan tersembunyi ini adalah dengan mengikuti tur arung jeram yang tersedia di Desa Ranugedang.

Air terjun ini juga menjadi favorit bagi pecinta olahraga arus deras. Bahkan, sering disebut sebagai Green Canyon Probolinggo karena sungainya yang berwarna hijau di sepanjang aliran, dengan tebing curam dan indah yang mengelilingi.

3. Air Terjun Jaran Goyang

Ada hal menarik tentang air terjun ini karena 16 mata air di puncak tebing menjadi sumbernya. Air yang mengalir kuat membentuk gugusan stalaktit dengan ukuran yang berbeda-beda, menciptakan efek seperti lorong panjang yang mirip gua.

Baca Juga :   Cerita Tukang Becak Curi Beras di Kebonagung, hingga Bantuan Sembako untuk Warga Kabupaten Pasuruan Mulai Didistribusikan | Koran Online 12 Mei

Air Terjun Jaran Goyang berlokasi di lereng Gunung Argopuro, tepatnya di Jalan Goyangan, Desa Guyangan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Meskipun tidak sepopuler Madakaripura, pemandangan eksotis di Air Terjun Jaran Goyang juga sangat menarik.

Salah satu daya tariknya adalah adanya gazebo yang bisa pengunjung gunakan untuk bersantai sambil menikmati keindahan Air Terjun Jaran Goyang yang deras. Di luar area air terjun, ada taman bunga yang juga menarik untuk dijadikan tempat foto oleh para wisatawan.

Bagi Bolo yang suka tantangan dan hal-hal ekstrem, ada opsi untuk mencoba repling atau turun dari bagian paling atas Air Terjun Jaran Goyang menggunakan tali, tentu saja dengan keberanian yang cukup. (tra/trj)