Bukit Timur Sapikerep Bromo Kebakaran

67

Sukapura (WartaBromo.com) – Bukit Timur di Lereng Bromo, Desa Sapikerep, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, terbakar. Sejauh ini belum diketahui pasti, penyebab kebakaran. Diduga, karena kondisi cuaca yang cenderung kering dampak fenomena El Nino.

Informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sejak Sabtu (12/08/2023) sore kemarin. Titik api menyerupai ular naga, nampak mencolok di kegelapan malam.

“Kebakaran sejak kemarin sore, pagi tadi masih ada asap terlihat, berati belum padam,” ujar Sumardi, warga Desa Sapikerep, melalui pesan singkat, Minggu (13/08/2023) siang.

Abu atau jelaga dari kebakaran areal perbukitan itu bahkan sampai mencapai teras rumah Sumardi. Kendati demikian, warga tidak khawatir. Lantaran jaraknya lumayan jauh dari pemukiman warga.

Baca Juga :   Pura Lautan Pasir Bromo Dipagar Bambu

“Sekitar satu kilo lebih kalau dari rumah warga, yang terbakar itu tanaman hutan, bukan lahan milik warga,” tandasnya.

Kebakaran vegetasi di perbukitan Tengger sendiri, kerap terjadi ketika musim kemarau. Dimana kondisi cenderung kering dengan curah hujan minim. Hal itu membuat banyak tanaman perdu atau semak mati dan kering.

Begitu terkena sinar matahari, bisa saja terjadi titik panas berlebih sampai muncul titik api. Sehingga menyebabkan kebakaran vegetasi di kawasan tersebut. (Lai/saw/syi)