Warga Probolinggo, Waspadai Penurunan Kualitas Udara di Akhir Pekan Ya!  

176
Hari Ini Kualitas Udara di Bangil Kembali Tak Sehat

Probolinggo (Wartabromo) – Prakiraan Indeks Kualitas Udara (AQI) di Probolinggo selama sepekan ke depan telah dirilis oleh IQ Air. Hasilnya menunjukkan, penurunan kualitas udara yang tidak sehat bagi kelompok sensitif pada akhir pekan ini..

Dilansir dari data dari IQ Air yang diakses pada hari ini, Senin, 4 September 2023, pukul 10.00 WIB, indeks kualitas udara di Probolinggo pada saat ini menunjukkan warna kuning dengan angka 78. Artinya, tingkat kualitas udara saat ini berada pada tingkat sedang, dengan konsentrasi P.M5 mencapai angka 25.2* µg/m³.

Tercatat bahwa polutan utama PM2.5 di Probolinggo saat ini mencapai 5 kali lipat dari nilai panduan kualitas udara tahunan yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga :   Rawan Laka, PT KAI Daop 9 Akan Tutup Perlintasan Tanpa Palang Pintu

Berikut adalah prakiraan kualitas udara di Probolinggo menurut IQ Air pada sepekan ke depan:

  • Selasa, 5 September 2023: Kualitas udara berada dalam tingkat sedang (warna kuning) dengan angka 70.
  • Rabu, 6 September 2023: Kualitas udara berada dalam tingkat sedang (warna kuning) dengan angka 66.
  • Kamis, 7 September 2023: Kualitas udara berada dalam tingkat sedang (warna kuning) dengan angka 79.
  • Jumat, 8 September 2023: Kualitas udara berubah menjadi tingkat orange, yang menunjukkan kualitas udara tidak sehat bagi kelompok sensitif, dengan angka 109.
  • Sabtu, 9 September 2023: Kualitas udara tetap dalam tingkat orange, yang menunjukkan kualitas udara tidak sehat bagi kelompok sensitif, dengan angka 124.

Prakiraan ini memberikan gambaran tentang perubahan kualitas udara di Probolinggo selama tujuh hari ke depan.

Baca Juga :   Lereng Penanggungan Ditambang, hingga Panen Rupiah Saat Wabah dengan Budidaya Labu Madu | Koran Online 22 Okt

Tentunya, perlu diperhatikan bahwa data prakiraan kualitas udara di Probolinggo masih menunjukkan tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan Bangil. 

Meski demikian, warga Probolinggo disarankan untuk memakai masker pada akhir pekan dan selalu melindungi kesehatan dari polusi udara selama tujuh hari mendatang. (trs/may)