Akun YouTube DPR RI Sudah Pulih Usai Di-hack, Badan Siber dan Sandi Negara : Waspada Serangan Siber

172

Pasuruan (WartaBromo.com) – Akun YoTube DPR RI dikabarkan sudah pulih. Hal itu sebagaimana konferensi pers di Gedung DPR RI, Kamis (7/9/2023) yang disiarkan di kanal YouTube TV Nasional.

Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ariandi Putra mengatakan bahwa akun YouTube DPR RI sudah kembali pulih pada Rabu (6/9/2023) malam. Namun demikian, peretasan secara keseluruhan belum berhenti.

“Pada pukul 20.30 malam tanggal 6 September 2023 akun offisial YouTube DPR RI sudah kembali pulih, tapi masih belum secara keseluruhan,” kata Ariandi saat konferensi pers.

Menurutnya, hasil deteksi oleh tim BSSN, menemukan indikasi adanya file berklasifikasi Malware dan file berklasifikasi Hack Tool yang ditemukan pada perangkat yang digunakan.

Baca Juga :   Mufti Anam: Dimana ada Solar Langka, Laporkan! Akan Digelontor

“Selanjutnya file-file yang ditemukan tersebut diserahkan kepada tim analisis Malware BSSN untuk dianalisis lebih lanjut,” sambungnya.

Dalam hal ini, BSSN menghimbau kepada para pengelola media sosial dan masyarakat secara umum untuk selalu waspada akan serangan – serangan siber terkhususnya Malware dan sejenisnya.

Selain itu, BSSN juga mengingatkan bagi seluruh pihak untuk memasang anti virus serta mengimbau untuk menginstal aplikasi dari situs yang sudah resmi. (lio/yog)