Penyebab Kebakaran Bukit Teletubbies, Polisi : Flare Meletus dan Api Kena Rumput Kering

1062

Sukapura (WartaBromo.com) – Pasca tetapkan satu tersangka, Polres Probolinggo membeberkan sejumlah foto prewedding bencana di Bukit Teletubies, Gunung Bromo. Beberapa foto, diduga menunjukkan jatuhnya percikan dalam flare.

Sehingga menyebabkan kebakaran di Bukit Teletubies Bromo. Pantauan wartabromo, ada enam foto yang dicetak polisi. Dua foto di antaranya, menunjukkan adanya percikan isi dalam flare yang diduga mengandung bara api.

Bahkan samar-samar, satu foto menunjukkan kalau ada api di bekas percikan itu. Namun tidak disadari dan mereka terus saja mengambil foto prewedding.

“Jadi ada lima flare yang dipakai, empat sudah digunakan, lalu satu lagi ketika akan disulut, ternyata meletus dan mengeluarkan percikan api,” kata Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardhana, Kamis (07/09/2023).

Baca Juga :   Kembali Hijau, Bukit Telettubies Bromo Diburu Pengunjung

Usai meletus itu, percikan api yang mengenai rumput kering, membuat api cepat membesar. Informasi yang dihimpun wartabromo ketika rombongan prewed ini masih di Polsek Sukapura, mereka sudah coba matikan api. Bahkan sempat disiram dengan air dari botol air mineral yang dibawanya.

Namun upaya itu tidak membuahkan hasil. Lantaran kencangnya angin dan rumput kering di lokasi. Api cepat membesar dan menghanguskan padang savana di Bukit Teletubies Bromo.

Dalam kasus ini, polisi menetapkan manager wedding organizer berinisial AWEW (41), warga Lumajang, sebagai tersangka. Lima orang lainnya berstatus saksi. (lai/saw/yog)