Kebakaran Arjuna Berawal dari Singosari, Area Wilayah Pasuruan Terdampak Paling Luas

159

Prigen (WartaBromo.com) – Kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Arjuno belum bisa dipadamkan. Luasan lahan yang terbakar pun makin luas.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono mengungkapkan, berdasar sistem informasi SiPongi KLHK, titik api pertama kebakaran terdeteksi berawal di wilayah Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

“Jaraknya tidak lebih 1 kilometer dari kawasan Tahura R. Soerjo,” kata Adhy dalam rapat koordinasi di Posko Kaliandra, Jumat (08/09/2023).

Api dengan cepat menjalar dan makin besar hingga masuk ke kawasan Tahura R. Soerjo. Saat ini bahkan api memasuki wilayah Kota Batu dan Kabupaten Mojokerto.

Satgas penanganan kebakaran Gunung Arjuno dan para relawan sampai sekarang terus melakukan upaya pemadaman darat agar api tidak makin menjalar.

Baca Juga :   Luas Hutan Tahura R Soerjo di Lereng Arjuna yang Terbakar Capai 4 Ribu Hektar Lebih

“Total hutan yang terbakar saat ini luasannya mencapai 4.796 hektare,” imbuh Adhy.

Luasan lahan yang terdampak paling besar adalah di wilayah Kabupaten Pasuruan yakni mencapai 2.724 hektare; di Kota Batu 909,93 hektare; Kabupaten Malang 807,35 hektare; Kabupaten Mojokerto 330,86 hektare.

Penanganan kebakaran di kawasan Gunung Arjuno sampai saat ini, selain melalui jalur darat, juga telah menggunakan helikopter waterbombing dengan kapasitas 1.000 liter. (tof/yog)