Kebakaran Bromo Merembet Ke Bromo Hillside

175

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kebakaran di Bukit Teletubbies Bromo akibat flare kegiatan prewedding belum sepenuhnya padam. Kini, kobaran api di kabarkan merembet hingga ke kawasan Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Malang.

Tak sampai di situ, dalam sebuah video yang beredar di sosial media menunjukkan kebakaran juga merambat ke Bukit Hillside batas Lumajang – Malang pada Minggu (10/9/2023) sekitar pukul 13.00.

Dalam video yang diposting akun Instragram @kariyasemeru tampak kebakaran masih membentuk semacam garis api di kawasan perbatasan Bromo Hillside dengan kepulan asap putih di atasnya.

Video viral lainnya juga menunjukkan ganasnya api melalap lahan di kawasan TNBTS. Angin kencang bergulung-gulung membuat api berkobar semakin besar membentuk semacam tornado api.

Baca Juga :   Diperkirakan Terus Meluas, Kebakaran Bromo Sudah Capai 50 Ha

Dalam hal ini, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Gunung Semeru (BB TNBTS) akhirnya melakukan penutupan total semua akses jalan yang melintasi kawasan taman nasional.

Penutupan akses tersebut diberlakukan untuk seluruh pintu masuk. Yakni Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo, dan Senduro Kabupaten Lumajang.

“Penutupan diberlakukan sejak Minggu tanggal 10 September 2023 mulai pukul 19.00 WIB sampai dengan batas waktu yang belum bisa ditentukan,” tulis Kabag TU TNBTS, Septi Eka Wardhani, Senin (11/09/2023). (lio/yog)