Peringati Harhubnas, Pemkab Probolinggo Kampanyekan Bersepeda

106

Kraksaan (WartaBromo.com) – Pemkab Probolinggo menggelar “Ngontel Perhubungan” pada Minggu (17/9/2023). Mengkampanyekan gerakan disiplin berkendara dan mengurangi emisi karbon.

Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko bersama Sekdakab Probolinggo Ugas Irwanto memimpin rombongan peseda dari Balai Uji Kendaraan di Desa Alas Sumur Kulon, Kecamatan Kraksaan. Pesertanya dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk komunitas gowes. Juga ada juga Forkopimda, selain pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Ribuan peserta bergerak ke arah barat menuju RSUD Waluyo Jati, Kelurahan Kandang Jati Kulon. Dari perempatan rumah sakit, pegowes mengayuh sepeda anginnya dengan menuju Kelurahan Sidomukti dan Desa Bulu. Lantas mereka berbelok menuju jalur Pantura di Kelurahan Patokan dan berakhir di Alun-alun Kota Kraksaan.

Baca Juga :   Bupati Probolinggo Bersama Gubernur Jatim Salurkan Bantuan Covid-19

Kampanye bersepeda itu, merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2023. Harhubnas yang diperingati setiap tanggal 17 September itu, mengambil tema ‘Melaju Untuk Transportasi Maju’.

“Kami mengajak masyarakat untuk berolahraga. Juga berdisiplin diri saat berkendara,” ucap Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko.

Sekdakab Probolinggo Ugas Irwanto menambahkan, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk mengurangi emisi karbon di wilayahnya. Salah satunya dengan mengajak ASN bersepeda saat beraktivitas ke kantor. Selain sehat secara pribadi, udara juga tidak tercemar emisi gas buang dari kendaraan bermotor yang digunakan.

Ia tak ingin udara di Kabupaten Probolinggo tidak sehat, seperti yang terjadi di Jakarta. “Jaga polusi, kemarin Jakarta itu nomor satu di dunia polusinya, kita di Kraksaan Probolinggo harus menjaga agar tidak seperti itu,” tambah Ugas.

Baca Juga :   Mutasi Outdoor Corong Populerkan Wisata

Bupati dan Sekdakab Probolinggo berharap, kegiatan itu juga memacu semangat pegawai Dishub. Dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan itu, 20 penjaga perlintasan kereta sebidang tanah mendapat hadiah. Sedangkan peserta mendapatkan sejumlah hadiah yang diundi, seperti sepeda motor listrik, sepeda gunung, dan lainnya. (*)