Manfaat Terong Ungu Bagi Kesehatan, Yuk Konsumsi!

114
eggplant in a wicker basket on wooden table with blurred green background

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagian orang pasti pernah mengkonsumsi terong ungu. Salah satu varian sayur ini tak hanya lezat, namun juga penuh manfaat bagi kesehatan

Selain merupakan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Terong ungu juga mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi ini meliputi vitamin A, B kompleks, C, E, D, dan K. Selain itu, terong ungu juga kaya akan zat besi, antosianin, ellagic acid, serta phycocyanin.

Nah, berikut ini dirangkum dari berbagai sumber manfaat terong bagi kesehatan:

1. Mencegah Kanker

Kandungan beragam senyawa dalam terong, seperti anthocyanin, solasodine rhamnosyl glycosides (SRGs), dan asam klorogenat. Bukan hanya menjadikannya lezat, tetapi juga penuh manfaat dalam pencegahan kanker.

Baca Juga :   Bahayanya Menggunakan Bantal Elektrik

Asam klorogenat, khususnya, berperan dalam menghambat pembentukan sel kanker oleh radikal bebas, meredam pertumbuhan tumor, dan mengurangi perkembangan sel kanker. Selain itu, khasiatnya meluas sebagai anti mikroba, antivirus, anti inflamasi, serta penurun kolesterol jahat.

2. Memperlancar Pencernaan

Terong memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan karena kandungan prebiotiknya yang membantu mendukung bakteri usus baik.

Dalam hal ini sangatlah membantu memperbaiki fungsi usus, sistem kekebalan tubuh, dan kesehatan otak. Selain itu, serat dalam terong juga mendukung pencernaan yang sehat dengan mencegah sembelit dan merangsang sekresi cairan lambung untuk memfasilitasi pemrosesan makanan.

3. Menjaga Tulang Kuat

Terong juga bermanfaat bagi kesehatan tulang karena mengandung potasium, kalsium, dan vitamin K. Kombinasi kalium dan kalsium membantu dalam penyerapan kalsium yang diperlukan untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat.

Baca Juga :   Cek Fakta, Benarkah Thermo Gun Bisa Merusak Otak?

Sementara itu, Vitamin K juga meningkatkan produksi sel tulang dan regulasi kalsium, yang meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. (tra/jun)