Gus Ipul Bagikan Puluhan Gerobak untuk PKL Alun-Alun

96

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membagikan puluhan gerobak untuk pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Alun-Alun Kota Pasuruan. Tak hanya itu, para pedagang juga mendapat edukasi soal pangan sehat.

Pembagian gerobak tersebut dilakukan bersamaan dalam acara pembinaan Gerakan Pangan Aman Pedagang Kreatif Lapangan yang digelar Pemkot Pasuruan bersama BPOM di Gedung Gradika, Kota Pasuruan, pada Kamis (26/10/2023).

Gus Ipul mengatakan, ada 74 gerobak yang diserahkan kepada PKL. Puluhan gerobak tersebut telah didesain secara khusus sesuai jenis barang dagangan masing-masing PKL.

Pemkot juga berencana akan membuat seragam bagi para PKL di kawasan alun-alun. Ini tak lain agar PKL di sekitar alun-alun terlihat lebih rapi.

“Kami ingin alun-alun rapi, tertib, dan nantinya pedagang berseragam. Agar menarik pengunjung untuk datang,” ujar Gus Ipul.

Selain soal pembagian gerobak, Gus Ipul juga memberikan penekanan tentang pentingnya PKL mengetahui keamanan dan kesehatan makanan yang disajikan.

Ia mengimbau PKL agar tidak bergantung pada produk-produk instan dan meminta mereka agar lebih selektif dan kreatif dalam memilih bahan serta cara pengemasan.

Kemudian, lagi-lagi, Sekjen PBNU tersebut meminta agar PKL menjaga kebersihan serta tidak menggunakan trotoar sebagai tempat berjualan atau tempat parkir

“Saya ajak pedagang bersih-bersih sebab bersih adalah kunci. Setelah bersih, bantu untuk ciptakan ketertiban. Tidak boleh lagi ada yang parkir di trotoar, karena itu milik pejalan kaki,” imbuh Gus Ipul. (tof/**)