Kebun Raya Purwodadi Jadi Pilihan Field Trip Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ITS Surabaya

1586

Purwodadi (WartaBromo.com) – Kebun Raya Purwodadi menjadi tujuan pertama untuk field trip yang diselenggarakan jurusan biologi fakultas sains dan analitika data (FSAD) ITS Surabaya.

Kegiatan ini merupakan serangkaian acara Biological Opus Fair XVI yang diselenggarakan tiap tahunnya. Mereka menjaring siswa -siswi SMP – SMA seluruh Indonesia untuk mengikuti kompetisi biologi.

Himpunan mahasiswa biologi membawa 10 peserta yang terpilih yaitu : SMP Dharma Yudha Riau, SMPIT Al-Ghozali Jember, SMPN 1 Lamongan, SMP Kharisma Bangsa Tangerang, SMAN 1 Denpasar, SMAN 2 Lamongan, SMAN 1 Blitar, SMA Cahaya Rancamaya Bogor, SMAS Kristen Kalam Kudus Sukoharjo.

Mereka disebar di area yang ditentukan panitia dari ITS untuk mengambil sampel, sehingga hasil penelitian tersebut akan dipresentasikan di final Biological Opus Fair XVI.

Baca Juga :   Serunya Kegiatan Outdoor Learning di Kebun Raya Purwodadi

Sebagian peserta baru pertama kali datang ke Kebun Raya Purwodadi. Dan mereka takjup melihat banyak sekali spesies tanaman yang ingin sekali di telitinya, seperti yang disampaikan salah satu peserta dari Sukoharjo Jawa Tengah

“Pengalaman pertama ke Kebun Raya Purwodadi dalam acara ini, dan sangat takjup melihat banyak sekali spesies tanaman yang ingin saya teliti. Sementara untuk hari ini saya mengambil sampel daun bunga bougenfil.”Ujar salah seorang peserta.

Ketua Biological Opus Fair XVI – Fajri Malik berharap dari acara ini peserta dapat belajar dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan selama ini.

“Semoga dengan adanya kompetisi biologi setingkat nasional, dapat menumbuhkan sifat sportivitas, dan pengaplikasian ilmu biologi demi kelestarian lingkungan. Semoga juga anak muda, tertarik untuk berkunjung ke kebun raya bukan hanya sekadar untuk hiburan, namun juga edukasi.”kata Fajri.

Baca Juga :   BBKSDA Apresiasi Upaya Kebun Raya Purwodadi Selamatkan Flora Pulau Sempu

Saat ini Kebun Raya Purwodadi gencar dalam hal edukasi, baik kelas edukasi yang disiapkan untuk group sekolah maupun komunitas dan instansi.

Namun kelas edukasi untuk umum yang disiapkan tiap bulannya. Kelas edukasi tersebut yaitu kelas edukasi aquascape, kelas edukasi platycerium, kelas edukasi terrarium jungle plants, kelas edukasi anggrek, kelas edukasi terrarium succulent dan cactus, kelas edukasi tanaman karnivora, kelas edukasi kokedama, dan kelas edukasi aglonema. Selain itu pemanduan/ tour guide juga kami siapkan untuk rombongan/group yang ingin tau lebih dalam informasi maupun koleksi dari Kebun Raya Purwodadi.

Kami mengundang seluruh siswa-siswi maupun mahasiswa dari berbagai daerah untuk belajar bersama kami di Kebun Raya Purwodadi. (*)