Karhutla Gunung Arjuno Kembali Terjadi, Panas dan Angin Kencang Jadi Pemicunya

176
Hutan di pegunungan Arjuno yang kembali terbakar. Foto: istimewa.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sempat dinyatakan padam beberapa hari lalu, kebakaran hutan dan lahan (krhutla) kawasan Gunung Arjuno kembali terjadi. Titik api mulai terlihat sejak Jumat (27/10/2023).

Kepala UPT Tahura Raden Soerjo, Ahmad Wahyudi mengatakan, karhutla di Arjuno tersebut berlangsung sejak Jumat (27/10/2023) sore di wilayah hutan Desa Ledug, Kecamatan Prigen.

“Benar kebakaran mulai sore (kemarin). Iya itu di ringgit Mas, ledug,” papar Wahyudi saat dikonfirmasi, Sabtu (28/10/2023) sore.

Ia bilang, titik api diperkirakan kembali muncul dari bara api yang terpendam pada sisa-sisa kebakaran yang sempat padam pada Selasa (24/10/2023) lalu.

“Bisa jadi karena panas, angin dan semak kering, bara kecil bisa memicu kebakaran baru,” imbuh Wahyu.

Sejauh ini, lanjutnya, sejumlah petugas Tahura R Soerjo, Perhutani, dan relawan masih melakukan upaya pemadaman api. Tim juga tetap disiagakan untuk mengantisipasi kemunculan api baru di Gunung Arjuno.

Belum diketahui berapa jumlah luasan lahan yang terbakar kali ini. Namun, hingga berita ini ditulis, petugas masih berjibaku memadamkan api. “Masih proses pemadaman,” pungkas Wahyu. (lio/asd)