Tips Merawat Sofa Bed agar Lebih Tahan Lama

116

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sofa bed adalah salah satu perabot rumah tangga yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai tempat duduk dan juga tempat tidur. Bentuknya fleksibel sehingga bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Memiliki sofa bed di rumah sangat penting, terutama jika ukuran rumah tidak begitu besar. Perabot multifungsi ini bisa menghemat tempat.

Supaya sofa bed bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk merawatnya. Yuk, langsung simak dan terapkan tips berikut ini!

  1. Bersihkan Noda dengan Lap Basah

Karena digunakan juga sebagai tempat duduk, sofa bed rentan terkena noda. Kotoran berupa tumpahan makanan atau minuman bisa mengenai sofa beda. Selain membuat tampilan sofa menjadi kurang estetik, sofa bed yang bernoda juga bisa menimbulkan bau yang tidak enak. Hal ini dapat mengurangi kenyamanan Anda saat tidur atau bersantai.

Untuk membersihkan noda pada sofa bed, jangan membasahinya langsung dengan air. Cara yang terbaik adalah menggunakan lap basah untuk membersihkan noda tersebut secara perlahan. Cara ini akan mengurangi kemungkinan rusaknya sofa bed atau tampilan menjadi kusam.

  • Rutin Menggunakan Vacuum Cleaner
Baca Juga :   Sering Masak Gara-gara #Dirumahaja? Begini Tipsnya Agar Hemat Gas

Tips selanjutnya adalah selalu menyempatkan waktu untuk membersihkan sela-sela sofa bed dengan vacuum cleaner. Alat ini dapat menjangkau sudut yang sempit sekalipun sehingga lebih praktis daripada dilakukan secara manual. Jenis-jenis vacuum cleaner saat ini sangat beragam dan harganya juga lumayan terjangkau.

Vacuum cleaner bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sofa bed dari kotoran berupa debu atau sisa makanan. Sebagai tempat favorit untuk bersantai, kondisi sofa bed bisa saja mudah kotor. Makanan manis juga bisa mengundang semut yang mengganggu kenyamanan. Untuk menghindarinya, lakukan pembersihan secara rutin.

  • Rajin Menjemur Sofa Bed

Sinar UV dari matahari merupakan disinfektan alami yang dapat membunuh hama seperti tungau yang kerap bersembunyi di dalam kasur atau sofa. Karena itu, aturlah waktu yang tepat untuk menjemur sofa bed di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari. Dengan rutin melakukan ini, sofa bed juga akan terbebas dari bau yang tidak sedap karena lembab.

Baca Juga :   Rumah Hantu

Beberapa jenis sofa bed dirancang dengan tampilan dan model yang minimalis. Karena itu, Anda tidak akan merasa kesulitan untuk mengangkatnya ke luar. Rutinitas ini lebih aman dilakukan daripada jika menggunakan cairan pembersih dengan bahan kimia. Meski begitu, usahakan untuk tidak menjemur sofa bed terlalu lama agar perabot ini tidak cepat pudar.

  • Perhatikan Posisi Duduk

Apabila Anda ingin sofa bed lebih awet, salah satu tips penting yang tidak boleh diabaikan adalah terkait posisi duduk. Sebagian orang mungkin lebih senang memilih duduk di sudut sofa karena bisa bersandar dengan nyaman. Namun, kebiasaan ini dapat membuat sofa kurang nyaman dalam jangka panjang.

Karena mendapat beban yang sama terus-menerus, bagian sofa bed yang sering diduduki mungkin akan terasa tidak empuk lagi. Untuk mencegah hal ini, perhatikan posisi duduk setiap hari. Usahakan untuk memilih bagian sofa bed yang berbeda saat duduk sehingga tekanannya juga merata.

  • Gunakan Kain Pelapis Saat Tidur
Baca Juga :   Kondisi Ekonomi Minus, Ini Trik Mengatur Dompet

Apabila Anda menggunakan sofa bed untuk tidur, Anda juga bisa melapisinya terlebih dahulu dengan selembar kain. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi sofa bed terkena keringat saat tidur pada malam hari. Kain pelapis ini bisa digunakan sementara dan segera dilepaskan begitu pagi tiba.

Jika tidak nyaman menggunakan kain pelapis, Anda bisa lebih sering mengganti kain penutup sofa. Gantilah kain sofa bed secara teratur, terutama setelah digunakan untuk tidur. Pilih kain penutup sofa yang nyaman, baik saat digunakan untuk duduk maupun tidur.