Gunung Penanggungan Terbakar, Jalur Pendakian Sementara Ditutup

88
Garis api yang terlihat di Gunung Penanggungan, Kamis (2/11/2023).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda Gunung Penanggungan. Peristiwa itu terjadi sejak Kamis (2/11/2023) malam.

Sebagaimana video yang didapatkan, tampak garis api kemerahan memanjang ke atas gunung yang memiliki tinggi 1.653 meter dari permukaan laut (mdpl).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Satriyo Nurseno mengatakan karhutla terjadi di blok Petak 1, RPH Ngoro, BKPH Penanggungan, KPH Pasuruan, hingga Desa Kedungngudi, Kecamatan Trawas, Mojokerto secara administratif.

“Dampak luas yang terbakar hingga saat ini kurang lebih 80 hektare. Jenis vegetasi semak belukar, ilalang dan bambu,” kata Satriyo dalam keterangannya, Jumat (3/11/2023) dilansir dari cnnindonesia.com.

Akibat karhutla di gunung yang selama ini menjadi salah satu tempat favorit pendakian di Jawa Timur itu, jalur pendakian sementara ditutup oleh pihak Perhutani Pasuruan.

Baca Juga :   BPJS Ketenagakerjaan Pasuruan Sosialisasi kepada 120 PHL Polres Pasuruan

Sejauh ini, penyebab karhutla itu belum diketahui secara pasti. Menginat, hingga kini petugas dan tim pemadam masih berjibaku melakukan pemadaman api. (lio/asd)