Melihat Keseruan SMP Cita Hati Cristian School Surabaya Belajar Propagasi di Kebun Raya Purwodadi

1089

Purwodadi (WartaBromo.com) – Pembiakan sangat penting bagi kelestarian makhluk hidup untuk mempertahankan jenis dan jumlahnya.

Ada banyak cara untuk mengembangbiakkan tumbuhan yaitu secara generatif maupun vegetatif. Pada umumnya pembiakan tanaman menggunakan biji yang ditanam kembali disebut dengan cara generatif.
Sementara pembiakan secara vegetatif dibagi menjadi dua yaitu vegetatif alami (spora, umbi-umbian, geragih, tunas) dan vegetatif buatan (cangkok, okulasi, stek).

Perkembangbiakan secara vegetatif buatan memerlukan bantuan manusia, salah satunya cangkok.

Kali ini siswa-siswi SMP Cita Hati Surabaya belajar propagasi vegetatif di Kebun Raya Purwodadi. Mereka dengan sangat antusias mendengarkan singkat materi propagasi dari tim hortikultura sebelum praktik dimulai.

Diawali dengan memilih batang yang sesuai, kemudian menguliti batang. Sembari menunggu batang kering, siapkan air dan tanah dan campur hingga merata. Usahakan campuran tanah dan air tidak terlalu encer, namun juga tidak terlalu padat.

Baca Juga :   Kebun Raya Purwodadi Jadi Pilihan Field Trip Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ITS Surabaya

Setelah itu tempelkan campuran tadi ke sayatan yang dibuat. Setelah itu balut dengan menggunakan plastik lalu ikat dengan tali sehingga campuran tanah tersebut menempel dengan sempurna. Terakhir menyirami air.

Pengalaman siswa siswi Cita Hati Surabaya praktik langsung membuat mereka sangat bersemangat melakukan setiap tahapan dalam propagasi vegetatif ini. Terlebih saat menyayat batang, mereka harus sangat berhati-hati, agar tidak terlalu berlebihan dalam hasil sayatannya.

“Butuh ketelitian saat menyayat batang. Nampaknya mudah saat pengajar memberikan informasi atau saat pemberian contoh. Namun ketika dipraktikkan cukup sulit”. ” kata salah seorang siswa.

Berjumlah 86 siswa kelas 8 memilih kelas propagasi vegetatif ini karena bersinergi dengan program sekolah yaitu dalam hal merawat dan budidaya tanaman.

Baca Juga :   Wisata Sambil Belajar Aneka Flora di Kebun Raya Purwodadi

“Berharap dengan memilih kelas propagasi di Kebun Raya Purwodadi, siswa-siswi dapat memahami lebih dalam bagaimana cara memperbanyak tanaman dan dapat dipraktikan di sekolah, mengingat mereka juga merawat dan budidaya tanaman”. Imbuh Wali Kelas-Mr. Well.

Terbuka semua sekolah maupun universitas untuk dapat bekerjasama dalam kelas edukasi di Kebun Raya Purwodadi. Silahkan dapat menghubungi kontak tim Viscos di (0343) 6014001/ 081197115900. (*)