Pasar Kebonagung Rawan Pencurian! Gitar, Rokok hingga Baju Digasak Maling

190
Pasar Kebonagung Rawan Pencurian! Gitar, Rokok hingga Baju Digasak Maling

Purworejo (WartaBromo.com) – Pedagang di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan dibikin resah lantaran banyak aksi pencurian yang terjadi. Dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah toko di pasar tersebut dibobol maling.

Menurut informasi yang didapat, sedikitnya ada tiga aksi pencurian yang terjadi di bulan November 2023 ini. Pertama, pencurian di toko baju di area pasar tersebut. Sejumlah baju diketahui hilang dicuri.

Setelah itu, pada tanggal 10 November 2023 lalu diketahui aksi pencurian kembali terjadi. Kala itu, sejumlah orang diketahui membobol toko dan terekam CCTV. Beberapa slop rokok pun hilang dicuri.

Tak lama kemudian, pada Minggu kemarin, toko gitar yang berada di pasar tersebut juga disatroni maling. Aksinya juga sempat terekam kamera pengawas di kantor pasar itu.

Baca Juga :   Kampanyekan Hidup Bersih, Dewan Dukung Pelatihan Pembuatan Hand Sanitizer Ponpes KHA Wahid Hasyim Bangil

Khoiri (38) pemilik toko gitar itu mengatakan, ia menyesalkan dengan banyaknya aksi pencurian yang terjadi di pasar tradisional itu. Dalam bulan ini, sudah ada 3 aksi pencurian.

“Itu awal-awal toko baju dibobol, terus ada toko yang dibobol kemudian mencuri rokok. Dan yang terakhir ini, toko saya sendiri, 3 buah gitar, laptop dan sejumlah uang raib digondol maling,” kata Khoiri saat ditemui wartabromo.com di tokonya, Senin (27/11/2023).

Pria yang sudah 4 tahun berjualan gitar di pasar itu mengaku baru pertama kemalingan. Maling di tokonya itu diketahui beraksi pagi sekitar pukul 05.00 WIB saat kondisi pasar sepi.

“Baru pertama kali terjadi kalau di toko saya. Sudah lapor ke keamanan pasar juga, rencana besok lapor polisi,” ujarnya.

Baca Juga :   Bayang-bayang Bencana di Cerita Hari Sampah

Hal serupa juga disampaikan oleh Ragil, salah satu pedagang sandal di pasar itu juga mengaku resah dengan banyaknya aksi pencurian. Ia berharap petugas keamanan pasar lebih gencar melakukan patroli agar tidak terjadi pencurian kembali.

“Kalau terjadi seperti ini harapan saya ada peningkatan keamanan lah di pasar, biar para pedagang dan pembeli juga nggak resah,” katanya.

Sementara itu, Ipda Hasanuddin, Kanit reskrim Polsek Purworejo yang saat itu melaksanakan patroli di Pasar Kebonagung itu mengatakan, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat jika terjadi tindak pidana kriminal apapun segera melaporkan ke polisi.

“Mengimbau masyarakat juga segera melaporkan aksi kriminal yang terjadi,” paparnya. (don/may)