Sekda-Sekwan Diusulkan Jabat Pj Wali Kota Probolinggo

82
Sekda-Sekwan Diusulkan Jabat Pj Wali Kota Probolinggo

Probolinggo (WartaBromo.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Probolinggo mengusulkan dua kandidat Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dengan berakhirnya jabatan Wali Kota pada Desember mendatang, DPRD memilih Ninik Ira Wibawati, Sekretaris Daerah, dan Teguh Bagus Sudjarwanto, Sekretaris Dewan, sebagai calon yang akan diajukan.

Wakil Ketua DPRD Kota Probolinggo, Fernanda Zulkarnain, menyatakan bahwa sebelumnya ada 7 nama yang diusulkan oleh fraksi-fraksi di DPRD. Namun, melalui sidang paripurna pada Sabtu (25/11/2023), hanya Ninik dan Teguh yang ditetapkan sebagai kandidat Pj Wali Kota Probolinggo.

Selain Ninik dan Teguh, nama yang muncul yakni Wawan Soegyantono (Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan), dan Rey Suwigyo (Kepala Dinas Sosial). Serta Rachmadeta Antariksa (Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan), Budiono Wirawan (Kepala Dinas Tenaga Kerja), dan Muhamad Sonhaji (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik).

Baca Juga :   Warga Tiris Lecehkan Presiden Jokowi

Menurut Nanda, sebenarnya DPRD memiliki hak untuk mengusulkan tiga nama, tetapi dalam hal ini hanya dua nama yang dipilih. Dia menjelaskan bahwa setelah melalui evaluasi administrasi, Ninik dan Teguh dipilih sebagai calon Pj Wali Kota Probolinggo yang akan diajukan ke Kemendagri.

“Kami di DPRD hanya bisa mengusulkan kandidat. Penentuan Pj Wali Kota Probolinggo akan dilakukan oleh Presiden,” tegas Nanda, politisi dari Partai Golkar, Selasa (28/11/2023).

Gubernur Jawa Timur dan Kemendagri juga memiliki hak untuk mengajukan kandidat lain sesuai mekanisme yang berlaku. (lai/saw)