Bolo Dewan Menyapa: Membangkitkan Ekonomi Desa & Menyelami Potensi Pariwisata Lokal

112

Pasuruan (WartaBromo.com) – DPRD Kabupaten Pasuruan bersama Warmo Institute akan menggelar Talk Show Bolo Dewan dengan tema “Membangkitkan Ekonomi Desa & Menyelami Potensi Pariwisata Lokal”. Langkah konkret dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam upaya mengembangkan pariwisata melalui desa wisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Pasuruan mencatat keberhasilan dengan 14 desa yang telah menjadi destinasi wisata unggulan.

Antara lain, Desa Wisata Wonokitri, Podokoyo, dan Tosari di Kecamatan Tosari, Desa Kalipucang di Kecamatan Tutur, Desa Jatiarjo di Kecamatan Prigen, serta Durensewu di Kecamatan Pandaan.

Menurut Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.26/UM.001/MKP/2010, desa wisata merupakan integrasi akomodasi, atraksi, serta sarana dan prasarana pendukung wisata yang terjalin dalam kehidupan masyarakat dengan tradisi yang kental.

Baca Juga :   Polisi Sebar 10 Ton Beras di Kabupaten Pasuruan, Sasar Warga yang Luput Bantuan

Trend desa wisata terus dikembangkan sebagai strategi pembangunan desa yang terpadu. Mendorong perubahan sosial, budaya, dan ekonomi desa menuju masa depan yang lebih maju.

Acara Talk Show Bolo Dewan ini akan dihadiri oleh sejumlah narasumber. Di antaranya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Andri Wahyudi dan Kepala Desa Durensewu Sugeng Santoso.

Ada juga Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Eka Wara Brahespati. Kemudian perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa; serta Koordinator TAPM Kabupaten Pasuruan.

Pihak penyelenggara juga mengundang lembaga dan organisasi terkait pariwisata, pemerintah desa, hingga pegiat pariwisata dan sosial kemasyarakatan untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Talk Show Bolo Dewan akan digelar pada Selasa (12/12/2023) di Telaga Sewu Swimming Pool & Outbound, Klagen, Desa Durensewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Acara juga akan disiarkan secara langsung di kanal YouTube Pasuruan Hari Ini dan Facebook Wartabromo.com. (lio/saw)