KPU: TPS untuk Pemilu 2024 Harus Ramah Disabilitas

86
KPU saat menggelar simulasi pemilu bersama para disabilitas.

Pasuruan (WartaBromo.com) – KPU Kota Pasuruan mulai menggelar simulasi pencoblosan untuk Pemilu 2024. Tempat pemungutan suara (TPS) harus ramah disabilitas.

Simulasi pencoblosan digelar di Taman Sekargadung, Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo, Rabu (20/12/2023) pagi mulai pukul 08.00.

Ketua KPU Kota Pasuruan, Royce Diana Sari mengatakan, TPS didirikan di lokasi yang benar-benar merupakan lokasi TPS di Pemilu 2024 nanti. KPU juga mengundang 145 pemilih yang berada di sekitar lokasi.

Royce menyebut, semua TPS harus ramah disabilitas. Misalnya, pintu TPS harus mudah diakses oleh pengguna kursi roda. Atau semisal untuk menuju TPS perlu lewat tangga, maka perlu disediakan akses yang memudahkan disabilitas.

“Kami juga memberikan simulasi kejadian yang mungkin terjadi nanti saat coblosan. Misalnya bagaimana jika ada pemilih disabilitas, pemilih lansia,” kata Royce.

Simulasi ini digelar untuk mengetahui bagaimana proses pencoblosan di hari H nanti berlangsung serta permasalahan apa yang mungkin timbul. Sehingga petugas bisa memitigasi masalah tersebut.

Saat ini logistik TPS sudah tiba di Kota Pasuruan. Beberapa logistik tersebut antara lain, bilik suara, kotak suara, tinta, alat coblos, label identitas kotak suara, segel, kabel ties, dan alat tulis.

“Logistik sudah mulai kami set per TPS sembari menunggu surat suara dicetak. Total TPS di Kota Pasuruan jumlahnya 579,” imbuh Royce. (tof/asd)