Wisatawan Bromo Membludak, Polisi Buka Tutup Lalin di Penanjakan

95

Tosari (WartaBromo.com) – Wisata Gunung Bromo diserbu wisatawan pada libur Natal lalu dan menyebabkan kemacetan parah. Satlantas Polres Pasuruan menyiapkan rekayasa lalin di jalur Penanjakan, agar kejadian serupa tak terulang saat libur Tahun Baru 2024.

AKP Deni Eko Prasetyo, Kasat lantas Polres Pasuruan mengatakan, beberapa upaya dilakukan oleh pihak kepolisian hingga paguyuban jip untuk mengurai kemacetan di area Penanjakan.

Salah satunya yakni menerapkan rekayasa lalin di pertigaan Dingklik. Yakni melakukan sistem buka tutup untuk kendaraan jip di area Penanjakan tersebut. Mulai pukul 04.00 WIB hingga 06.00 WIB.

“Kalau area Penanjakan sudah penuh, jadi di Dingklik kita tutup atau kondisi lalu lintas sudah landai lancar,” kata Deni, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga :   Hendak Hadiri Selamatan, Mobil yang Ditumpangi Sekeluarga Ini Digasak Kereta Api

Diketahui, sistem buka tutup di area Penanjakan Gunung Bromo itu akan dilakukan hingga tahun baru mendatang. Polisi juga menghimbau bagi para pengunjung agar tetap hati-hati jika liburan di area Gunung Bromo.

“Rencananya hingga tahun baru nanti, sistem buka tutup itu,” ujarnya.

Diketahui, wisata Gunung Bromo sudah dipenuhi wisatawan sejak 23 Desember 2023. Bahkan, jip di area lautan pasir hingga jalur menuju Penanjakan di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan juga nampak mengular. (don/saw)