KPU Kota Probolinggo Baru Terima Sebagian Surat Suara

80

Mayangan (WartaBromo.com) – KPU Kota Probolinggo kembali terima surat suara untuk Pilpres 2024 di gudang Jalan Anggrek, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo. Sejauh ini, masih sebagian logistik pemilu 2024 yang diterima.

Jumlah surat suara Pilpres 2024 yang diterima Rabu (03/01/2024) sebanyak 182.403 lembar. Terbagi menjadi 93 boks. Khusus untuk surat suara pilpres 2024 ini, ada kelebihan satu boks.

Masing-masing boks untuk surat suara capres dan cawapres ini, isinya 2.000 lembar. Kelebihan satu boks itu, sebagai antisipasi, apabila terjadi pemilihan ulang atau masalah lainnya.

“Sudah datang surat suara capres dan cawapres. Sebelumnya surat suara untuk DPRD Provinsi,” kata Ketua Bawaslu Kota Probolinggo, Johan Dwi Angga.

Baca Juga :   Lewat Pantura Probolinggo, Jangan Lupa Cicipi Lezatnya Ikan Asap Randuputih

Proses penurunan logistik kali ini, juga dalam pengawasan ketat aparat keamanan. TNI, Polri, Bawaslu dan KPU Kota Probolinggo.

Ketua KPU Kota Probolinggo, Ahmad Hudri mengatakan, sejauh ini pihaknya masih belum memeriksa detail surat suara yang datang.

“Kami tunggu datang semua dahulu. Baru kami jadwalkan pelipatan, insya allah pekan depan,” katanya.

Targetnya pelipatan surat suara dan persiapan logistik pemilu 2024 sudah rampung akhir Januari mendatang.

“Sehingga apabila ada kekurangan, seperti cacat atau rusak, bisa segera diajukan penggantian,” imbuh Hudri.

Sebelumnya, KPU Kota Probolinggo menerima sebanyak 182.403 eksemplar surat suara untuk DPRD Provinsi Jawa Timur pada pada Minggu (31/12/2023) pukul 23.30 WIB.

Baca Juga :   Sekilas Tentang Figo, Pemain Timnas U16 Asal Probolinggo

Logistik itu diterima persis menjelang pergantian tahun. Ratusan ribu surat suara itu berada dalam 365 box yang dikirim dari percetakan.

Seluruh box menyertakan keterangan jenis surat suara, daerah pemilihan, dan daerah penyelenggara Pemilu berupa stiker berwarna biru.

Hal itu memudahkan identifikasi masing-masing box yang dikirim. Diketahui, surat suara untuk DPRD provinsi pada Pemilu 2024 nanti berwarna biru. (lai/saw)