Cara Meredakan Sakit Kepala Akibat Flu dan Pilek Tanpa Obat

162

Pasuruan (WartaBromo.com) – Menjelang flu dan pilek biasanya kepala akan terasa pusing. Bila hal ini terjadi tentu beraktivitas pun terasa tak nyaman.

Ada beberapa cara mengurangi rasa sakit kepala jelang flu dan pilek. Dilansir dari hellosehat.com cara ini bahkan mudah diterapkan tak menyebabkan efek samping.

Apa saja? Yuk, simak!

1. Kompres dengan Air Hangat dan Dingin Secara Bergantian

Untuk meredakan nyeri kepala dan sinus, Anda dapat menggunakan kompres dengan handuk yang dibasahi air. Gunakan secara bergantian air hangat dan dingin untuk meningkatkan efektivitasnya.

Prosesnya sederhana. Pertama-tama, basahi handuk dengan air hangat dan tempatkan di dahi selama 3 menit. Kemudian, ganti kompres dengan handuk yang dibasahi air dingin dan letakkan di dahi selama 30 detik.

Ulangi proses ini dua kali, lalu lakukan pengompresan sebanyak 4 kali sehari untuk hasil yang optimal.

2. Minum Air Putih yang Banyak

Cara mengobati sakit kepala karena flu yang paling penting adalah banyak minum air putih.

Selain meredakan sakit kepala, minum air juga membantu meringankan hidung Anda yang tersumbat saat mengalami gejala pilek akibat flu.

3. Istirahat Cukup

Jangan paksakan beraktivitas berat saat sedang flu, terlebih lagi jika sakit kepala menyerang. Gunakan waktu istirahatmu semaksimal mungkin, supaya tubuh lebih cepat pulih.

Beristirahat adalah kunci agar kondisi Anda semakin membaik. Disarankan sebaiknya tidur selama 7-9 jam setiap malam. (jun)