Banjir di Winongan Surut, Warga Kerja Bakti Bersihkan Material Lumpur

198
Warga membersihkan lumpur sisa banjir di Winongan.

Winongan (WartaBromo.com) – Banjir lumpur merendam Desa Prodo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Seluruh warga yang terdampak bekerja bakti membersihkan sisa endapan lumpur.

Banjir lumpur ini terjadi pada Sabtu (27/01/2024) sore pukul 17.00. Ada tiga dusun yang terdampak di Desa Prodo, yakni Dusun Jetis, Dusun Margo Utomo, dan Dusun Gendol.

Air yang merendam pemukiman tiga dusun tersebut kini sudah surut. Namun demikian, material lumpur masih tersisa di sekitar pemukiman.

Warga tiga dusun tersebut, sejak Minggu (28/01/2024) pagi melakukan kerja bakti membersihkan material lumpur yang masih tersisa.

Salah satu warga, Nidhom (46) membeberkan, material lumpur menyebabkan jalanan di desa susah untuk dilewati. Untuk itu, warga gotong royong mengeruk material yang masih tebal.

Mobil water canon milik Polres Pasuruan dan mobil tangki milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan juga turut membantu dengan menyemprot material lumpur.

“Kami kerja bakti agar jalanan bersih dan warga kembali beraktivitas,” kata Nidhom.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariadi mengatakan, total ada 300 warga yang terdampak banjir lumpur di Desa Prodo.

Semalam tim gabungan melakukan pembersihan material yang terbawa banjir dan sempat menyumbat aliran sungai dan merusakkan jembatan.

“Kami juga sudah menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak,” ujar Sugeng. (tof/asd)