Longsor di Lumbang Perparah Banjir Lumpur di Winongan

265

Winongan (WartaBromo.com) – Banjir lumpur merendam Desa Prodo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Banjir lumpur ini terjadi disebut imbas longsor di Kecamatan Lumbang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi di lokasi, Minggu (28/1/2024). Sugeng mengungkapkan, pihaknya bersama Pj. Bupati Pasuruan, BPBD Jatim, Dinas SDA Jatim, Dinas PU Bina Marga Jatim, melakukan asesmen bersama.

“Penyebab banjir kemarin yang menimpa Desa Prodo bersumber dari Kecamatan Lumbang di mana di sana terjadi longsor batu,” kata Sugeng, Minggu (28/01/2024).

Selain banjir lumpur, longsor tersebut juga menyebabkan akses jalan ke empat desa tidak bisa dilewati. BPBD bersama tim asesmen bakal segera melakukan normalisasi jalan.

Sugeng menyebut, semalam pihaknya melakukan pembersihan material yang terbawa banjir. Material tersebut seperti bambu dan kayu yang sempat menyumbat sungai dan mengakibatkan air meluber ke pemukiman.

Banjir lumpur di Desa Prodo ini merendam tiga dusun yakni Dusun Jetis, Dusun Margoutomo, dan Dusun Gendol. BPBD mencatat total 300 warga yang terdampak banjir.

Sejak pagi tadi, warga yang terdampak banjir kerja bakti membersihkan material lumpur sisa banjir semalam. Mobil water canon milik Polres Pasuruan dan mobil tangki Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan juga dikerahkan dalam pembersihan hari ini.

“Kami memberikan bantuan, baik sembako dan makanan untuk warga yang terdampak,” imbuh Sugeng. (tof/asd)