Ribuan Personil Kawal Pemilu di Probolinggo

56

Probolinggo (WartaBromo.com) – Ribuan personil gabungan dipersiapkan untuk mengamankan perhelatan Pemilu 2024 di Kabupaten Probolinggo. Selain keamanan, netralitas petugas juga menjadi komitmen bersama.

Untuk wilayah hukum Polres Probolinggo, akan menerjunkan 505 personil. Kemudian Kodim 0820 sekitar 260 personil, linmas 7.651 personil.

Mereka mengamankan proses pemungutan dan penghitungan suara di 2.885 TPS di wilayah hukum Polres Probolinggo.

“Sesuai ketentuan untuk TPS kurang rawan, 2 polisi dan 40 Linmas dibantu TNI pengamanan untuk 20 TPS. Apabila ada gangguan, KPPS bisa berkomunikasi atau menghubungi petugas Polri yang PAM di TPS tersebut,” kata Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana, Jumat (9/2/2024).

Khusus anggota kepolisian, mereka dilengkapi sejumlah peralatan seperti tas dan rolling bed. Juga keperluan perorangan lainnya seperti senter, rompi, jas hujan, dan tongkat serta borgol.

Baca Juga :   Seleksi Jabatan 10 Eselon II di Pemkab Probolinggo Menunggu Izin Kemendagri

Ia juga menekankan pentingnya netralitas dan profesionalisme personil Polri dalam menjalankan tugas pengamanan.

Personil diminta untuk selalu siaga dan waspada terhadap potensi gangguan keamanan selama proses pemungutan suara berlangsung.

Lebih lanjut, Kapolres Probolinggo juga menyampaikan agar anggota Linmas menyiapkan mental dan fisik yang dilandasi komitmen moral, disiplin kerja tinggi serta profesionalitas.

Membantu kepolisian dan TNI dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat ketika pelaksanaan pemilu.

“Apabila ada permasalahan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban pemilu, sedini mungkin diantisipasi dengan berkoordinasi antara pihak-pihak terkait, sehingga pemilihan umum tetap berjalan dengan lancar hingga selesai,” terangnya.

Selain itu Kapolres Probolinggo juga berpesan untuk memperkuat sinergitas dengan penyelenggara pemilu dan segenap komponen masyarakat.

Baca Juga :   Hantu 'Bumpy' Mengintai Pemudik

Aktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) dan segera laporkan apabila terjadi gangguan keamanan di wilayah.

“Marilah kita mempersatukan tekad dan komitmen, dalam rangka suksesnya pemilu tahun 2024 di wilayah kabupaten Probolinggo,” pungkas Kapolres Probolinggo.

Polres Probolinggo bersama Forkopimda Probolinggo menggelar apel linmas dan penyerahan BKO Sat Linmas dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, di halaman Kantor Bupati Probolinggo, Jumat (9/2/2024).

Juga ada apel pengecekan di halaman Mapolres Probolinggo dipimpin Wakapolres Probolinggo Kompol Supiyan. (saw)