Genjot PAD, Pemkab Probolinggo Lelang Pantai Bentar Rp3,3 Miliar

76

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Probolinggo terus berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor pariwisata. Salah satu langkahnya dengan melelang kawasan wisata Pantai Bentar senilai Rp 3,3 miliar.

Pemkab Probolinggo sedang mencari mitra untuk memanfaatkan Barang Milik Daerah (BMD) melalui kerja sama pemanfaatan (KSP). Caranya dengan membuka tender untuk mencari investor yang bersedia mengelola BMD senilai Rp 3.370.609.600.

Menurut Kepala Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BPPKAD Kabupaten Probolinggo, Hellen Ari Hermawan, keuntungan dari KPS ini adalah pemkab akan mendapatkan dua sumber PAD, yakni kontribusi tetap setiap tahunnya dan pembagian keuntungan.

Perjanjian KPS ini akan berlangsung selama 20 tahun dan dapat diperpanjang. “Setelah kontrak berakhir, semua hasil pembangunan di atas aset daerah itu akan menjadi aset pemda,” ujarnya, Jumat (9/2024).

Baca Juga :   Polda Sulbar Bekuk 3 Pelaku Penipuan Online Asal Besuk

Proses tender masih berlangsung, dan siapapun yang tertarik dipersilakan mengikutinya. Terkait pengelolaan, penataan, dan pengembangan Kawasan Pantai Bentar, akan diserahkan kepada pemenang tender.

“Kami membuka ruang bagi calon mitra yang tidak berlokasi di Kabupaten Probolinggo. Sepertinya, sudah ada calon mitra yang mendownload dokumen pemilihan tersebut,” jelasnya.

Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Probolinggo, Bambang Hari Wahjudi, menyatakan bahwa Pantai Bentar akan dikelola oleh pihak ketiga dengan harapan dapat menyumbang PAD lebih besar.

“Kami berharap pihak pengelola Pantai Bentar memiliki pengalaman dalam mengelola wisata terkenal dan berkembang. Sehingga, nantinya benar-benar dikelola oleh orang-orang yang profesional di bidangnya,” ungkapnya. (lai/saw)