Banjir Setinggi 1 Meter Rendam Ribuan Rumah di Pasuruan

332

Pasuruan (WartaBromo.com) – Banjir merendam ribuan rumah warga di tiga Kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jumat (8/3/2024) malam. Hingga Sabtu (9/3/2024) pagi ini, air belum surut.

Menurut informasi yang didapat, banjir menggenangi sejumlah desa yang berada di Kecamatan Winongan. Yakni Desa Prodo, Desa Bandaran, Desa Winongan Kidul, Desa Lebak dan Desa Srui. Rata-rata, ketinggian banjir antara 20-120 sentimeter.

Selain itu, ada Kecamatan Grati, ribuan rumah yang berada di Kedawung Kulon dan Kedawung Wetan juga terendam banjir dengan ketinggian 30-100 sentimeter. Untuk wilayah Kecamatan Rejoso, ada di Desa Toyaning dengan ketinggian banjir 30-50 sentimeter.

Diketahui, banjir diakibatkan oleh luapan sungai Rejoso yang meluber karena intensitas hujan tinggi pada Jumat (8/3/2024). Air mulai masuk ke permukiman warga sekitar pukul 15.00.

Baca Juga :   Sekolah Tatap Muka Dimulai Juli hingga Bincang Bareng Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf | Koran Online 27 Feb

“Masih belum surut mas, di Kebrukan aja masih se dada orang dewasa,” kata Piter Ardian, salah satu warga Kedawung Kulon.

Hingga kini, air masih tetap menggenangi permukiman-permukiman warga. Pihak BPBD Kabupaten Pasuruan juga sudah menerjunkan tim untuk memberikan bantuan berupa makanan hingga perahu untuk mengevakuasi warga.

“Saat ini masih tiga kecamatan yang terdampak. Winongan, Grati dan Rejoso,” kata Sugeng, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan, Sabtu (9/3/2024).

Sugeng juga menyebut jika akan membangun posko jika banjir masih belum surut.

“Kalau dapur umur di tiap-tiap desa sudah ada. Terus rencananya kalau posko siang nanti. Kita lihat banjir sudah surut apa belum,” tuturnya. (don/may)