Jaga Kelestarian Lingkungan, PT PLN Indonesia Power UBP Grati Launching Program Konservasi Hutan

72
Miftachun Nisa, PT PLN Indonesia Power UBP Grati Serahkan bibit pohon sebagai aksi nyata dalam mendukung program konservasi hutan dan daerah tangkapan air

Pasuruan (WartaBromo.com) – Upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan menjaga keberlanjutan ekosistem terus dilakukan PT PLN Indonesia Power UBP Grati. PT IP bekerjasama dengan Yayasan Cempaka Foundation, Perhutani KPH Pasuruan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, dan LMDH Duta Rimba Sejahtera meluncurkan program Konservasi Hutan dan Daerah Tangkapan Air Tahun 2023-2024.

Kegiatan ini dimulai dengan serangkaian penanaman pohon di Desa/Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan.

Acara peluncuran program dilaksanakan pada Kamis, 22 Februari 2024. Dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Lokasi penanaman terletak di kawasan hulu daerah tangkapan air Zona 1 Kabupaten Pasuruan, khususnya di Pegunungan Bromo.
Berbagai pihak terlibat dalam kegiatan tersebut. Termasuk PLN Indonesia Power UBP Grati, Yayasan Cempaka Foundation, Perhutani KPH Pasuruan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, dan LMDH Duta Rimba Sejahtera. Kolaborasi ini menciptakan sinergi antara sektor swasta, lembaga non-pemerintah, dan instansi pemerintah untuk mencapai tujuan bersama dalam melestarikan lingkungan.

Tujuan utama dari program Konservasi Hutan dan Daerah Tangkapan Air ini adalah memperbaiki tutupan lahan di kawasan hulu daerah tangkapan air Zona 1 Kabupaten Pasuruan. Melalui penanaman pohon yang dilakukan secara terencana, diharapkan dapat meningkatkan kuantitas resapan air dan mendukung pemulihan ekosistem yang terganggu.

Penanaman 350 pohon , PLN Indonesia Power UBP Grati sinergi bersama masyarakat dan stakeholder terkait

Sebanyak 350 bibit pohon ditanam dalam acara tersebut. Mencakup jenis-jenis pohon yang berperan penting dalam konservasi lingkungan. Di antaranya, bibit alpukat yang dikenal dengan kemampuannya untuk merawat lahan dan menyumbang keanekaragaman hayati. Selain itu, bibit kopi ditanam untuk mendukung pengembangan tanaman lokal dan mendukung ekonomi masyarakat setempat. Tambahan bibit pohon eucalyptus juga ditanam sebagai langkah peningkatan kualitas udara dan pengembangan sumber daya kayu yang berkelanjutan.

“Dengan bersinergi seperti ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap lingkungan di sekitar Pegunungan Bromo. Program ini tidak hanya sekadar penanaman pohon, tetapi juga merupakan langkah konkret dalam mendukung keberlanjutan alam dan kesejahteraan masyarakat setempat,”Kata Miftachun Nisa selaku Assistant Manager K3 dan Lingkungan PLN Indonesia Power UBP Grati.

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan menjaga kelestarian alam. Selain manfaat ekologis, program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi dan sosial masyarakat setempat. (day)