Ratusan Rumah di Kecamatan Dringu Terendam Banjir

182
Ratusan Rumah di Kecamatan Dringu Terendam Banjir

Dringu (wartabromo.com) – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Sabtu (9/3/2024) menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Probolinggo. Di Kecamatan Dringu, terdapat tiga desa yang terendam banjir.

Dari pantauan wartabromo.com, tiga desa yang terendam banjir itu adalah Desa Dringu, Kedungdalem, dan Kalisalam Kecamatan Dringu akibat meluapnya kali Kedunggaleng. Tingginya debit air yang meluap dari kali tersebut, membuat ratusan rumah di 3 desa itu terendam banjir.

“Air sungai datang sekitar pukul 15.30 WIB, dibarengi dengan hujan yang terus mengguyur, barulah banjir mulai terjadi sekitar 16.00 WIB,” ujar warga Desa Kedungdalem, Supri.

Petugas gabungan dari BPBD Kabupaten Probolinggo, TNI – Polri dan relawan yang datang kemudian langsung melakukan evakuasi. Mulai dari anak – anak maupun lansia. Selanjutnya, mereka dibawa ke tempat pengungsian sementara.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Oemar Sjarif mengatakan, banjir ini terjadi karena hujan yang merata di wilayah Probolinggo. Dan pihaknya, kini berfokus untuk melakukan penyelamatan warga.

“Saat ini petugas masih berupaya mengevakuasi warga yang terdampak banjir, dan saya mengimbau bagi warga yang terdampak untuk mementingkan keselamatannya terlebih dahulu,” ujarnya.

Hingga pukul 19.00 WIB, banjir kiriman dari meluapnya sungai Kedunggaleng masih berlangsung. (aly/may)