Genangan Air Tinggi, BPBD Kabupaten Probolinggo Lakukan Penyedotan

7

Pajarakan (WartaBromo.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo menyedot genangan air yang melanda permukiman warga di wilayah Kecamatan Pajarakan.

Penyedotan itu, dilakukan Dusun Stasiun RT 01 dan RT 02 RW 01 Desa Sukomulyo. Melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) dan sejumlah instansi terkait.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Oemar Sjarief, menjelaskan bahwa tindakan penyedotan air genangan ini dilakukan setelah hujan deras mengakibatkan banjir genangan setinggi sekitar 60 cm.

“Drainase tidak mampu menampung debit air hujan, sehingga genangan air memasuki rumah warga di Desa Sukomulyo,” ujarnya, Rabu (20/4/2024).

Meskipun hingga saat ini kondisi air belum surut sepenuhnya dan beberapa halaman rumah masih tergenang, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Warga yang terdampak sementara menumpang di rumah saudaranya yang tidak tergenang air.

Baca Juga :   Koran Online 28 Ags : Belasan Pendamping PKH Lepas Sertifikasi Guru, hingga Bulan Depan Alfamart Tak Gunakan Kantong Plastik

Penyedotan genangan air sebenarnya sudah dilakukan petugas pada Senin (18/3/2024). Hanya saja karena pada Selasa (19/3/2024) malam terjadi hujan deras lagi, maka genangan air kembali memasuki rumah warga.

Penyedotan air genangan ini dilakukan menggunakan 3 unit pompa penyedot. Juga 1 unit mobil ranger, dan 1 unit senter untuk membantu penerangan selama proses penyedotan dilakukan.

Oemar menambahkan bahwa upaya penyedotan genangan air ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah dalam membantu masyarakat dalam mengatasi musibah.

“Kami berharap genangan air segera surut dari lingkungan masyarakat,” tutupnya. (saw)