Cegah Kerusakan Jalan, Pemkab Probolinggo Pasang Portal di Ruas Tegalsiwalan – Maron

71

Probolinggo (WartaBromo.com) – Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah mengambil langkah preventif dengan memasang portal di dua titik ruas jalan antar kecamatan. Langkah ini diambil untuk mencegah kerusakan jalan akibat lalu lintas kendaraan besar dan Over Dimension Over Loading (ODOL).

Portal-portal itu dipasang di simpang 3 Tegalsiwalan, Kecamatan Tegalsiwalan, dan simpang 4 Klenang Kidul, Kecamatan Maron. Mengingat ruas jalan sepanjang 13 kilometer tersebut, telah diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Probolinggo.

Pasca perbaikan dan kondisi jalan mulus, banyak kendaraan-kendaraan besar dan melebihi kapasitas atau Over Dimension Over Loading (ODOL) melintas. Hal itu yang berpotensi merusak kondisi jalan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo, Edy Suryanto, portal jalan tersebut memiliki fungsi untuk mengatur lalu lintas kendaraan dengan tinggi lebih dari 3,5 meter.

Baca Juga :   Rest Area Seruni Point Bromo Rampung, Jembatan Kaca Menanti Peresmian

“Supaya jalan yang sudah bagus tidak cepat rusak dan berlubang, maka kita pasang portal jalan. Dengan adanya portal jalan ini, hanya kendaraan yang memiliki tinggi maksimal 3,5 meter yang bisa lewat,” jelasnya.

Edy juga menegaskan bahwa pemasangan portal jalan ini sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang melarang kendaraan besar dan ODOL melintas di jalan kelas III.

Dengan pemasangan portal ini, diharapkan dapat melindungi jalan dari kerusakan yang disebabkan oleh kendaraan yang melebihi tonase.

“Sehingga masyarakat dapat menikmati jalan mantab berkeselamatan. Setelah adanya portal ini kendaraan ODOL tidak boleh lewat lagi dan harus mengurangi muatannya untuk bisa lewat,” tambahnya.

Baca Juga :   Tak Bergerak, Kemiskinan Kabupaten Probolinggo Masih di Lima Besar Jatim

Pemasangan portal jalan ini menjadi salah satu langkah strategis dalam menjaga infrastruktur jalan yang sudah diperbaiki. Supaya tetap terjaga kualitasnya dan memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna jalan. (saw/saw)