Ngabuburit Ala Bocil Balap Push Bike: Melatih Ketangkasan dan Belajar Puasa di Probolinggo

117

Wonoasih (WartaBromo.com) – Menunggu waktu berbuka puasa bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah ngabuburit ala bocil balap push bike di Kota Probolinggo.

Selain mengajarkan anak-anak tentang puasa, kegiatan ngabuburit dengan push bike ini juga bertujuan untuk melatih ketangkasan mereka.

Suasana ngabuburit ala bocil balap push bike Bayuangga Warrior Probolinggo, sore ini begitu meriah. Anak-anak di bawah usia lima tahun ikut serta dalam latihan ketangkasan menggunakan push bike atau sepeda keseimbangan.

Selain mengajarkan puasa sejak dini, ngabuburit ini juga memberikan manfaat tambahan, yaitu melatih ketangkasan dan motorik anak dalam bergerak.

“Hal ini membuat anak-anak menjadi lebih lincah, seimbang, dan aktif,” kata salah satu orang tua, Bunga Ayu, Sabtu (30/03/2024).

Baca Juga :   Gunung Bromo Mengalami Penggembungan dan Fenomena Embun Es  | Koran Online 1 Ags

Sebelum balapan, para bocil-bocil ini juga harus menggunakan alat pelindung keselamatan, seperti helm serta pelindung siku, tangan, dan kaki.

Masih menurut Bunga, ngabuburit ini memberikan dampak positif bagi perkembangan anak, mulai dari pemahaman tentang puasa hingga pelatihan motorik agar tidak malas dan terlepas dari gadget.

Selama latihan, para bocil balap ini diajari untuk melakukan manuver dengan memberikan rintangan agar lebih gesit dan seimbang.

Hasilnya, anak mendapatkan manfaat ganda. Mengenal puasa ramadhan, namun tetap semangat dalam menjalani aktivitas.

Termasuk melatih ketangkasan dan motorik anak dalam bergerak. Push bike ini, merupakan dasar dari mengendarai sepeda kayuh.

Kendati masih dasar, namun sudah ada kompetisi yang digelar di berbagai daerah, mulai dari Pasuruan, Malang dan Surabaya. (lai/saw)