Gus Ipul Ajak Perangkat Daerah Libatkan Anak Muda dalam Pembangunan

37

Pasuruan (WartaBromo.com) – Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), mendorong perangkat daerah untuk terus berinovasi dalam pembangunan. Ia juga mendorong agar perangkat daerah melibatkan anak muda.

Hal ini diungkapkan Gus Ipul dalam musrenbang rencana pembangunan daerah jangka panjang (RPJPD) di hall Rumah Makan Kebon Pring, Kecamatan Gadingrejo, Selasa (02/04/2024).

Musrenbang ini bertujuan membahas rancangan RPJPD Kota Pasuruan tahun 2025-2045 dalam rangka penajaman visi, misi, arah kebijakan, dan sasaran pokok RPJPD.

Musrenbang melibatkan berbagai pihak, mulai dari forkopimda, jajaran perangkat daerah, tokoh masyarakat, akademisi, asosiasi usaha, serta perwakilan berbagai kelompok masyarakat.

Gus Ipul mengatakan, RPJPD Kota Pasuruan tahun 2025-2045 tegak lurus dengan cita-cita nasional dan Provinsi Jawa Timur. Pemkot harus adaptif terhadap tantangan zaman selama 20 tahun ke depan.

Selain itu, hal lain yang ditekankan Gus Ipul adalah melibatkan anak muda dalam pembangunan. Menurutnya, kalangan milenial dan gen Z merupakan pemegang tongkat estafet pembangunan pada 2045.

“Harus diadaptasi oleh semua perangkat daerah. Libatkan anak muda. Ajak mereka untuk memberikan warna dalam pembangunan,” kata Gus Ipul.

Lebih lanjut, Gus Ipul menyampaikan bahwa RPJPD ini haruslah menjadi pedoman bagi Wali Kota Pasuruan di masa mendatang dalam melaksanakan program pembangunan.

Gus Ipul lalu memungkasi sambutannya dengan menjabarkan visi Kota Pasuruan 20 tahun kedepan antara lain, SDM unggul mencapai generasi emas, kemiskinan tuntas dan ketimpangan ditekan, mewujudkan birokrasi kelas dunia, ekonomi progresif dan pendapatan perkapita meningkat, serta infrastruktur mantap dan lingkungan lestari.

“Semoga pelaksanaan musrenbang di bulan Ramadan ini mendapat keberkahan dalam upaya mendukung mewujudkan Indonesia emas di Kota Pasuruan. Mari kita sama-sama perbaiki kekurangan, dan kedepan pembangunan lebih fokus untuk memajukan kota dan menyejahterakan masyarakat,” pungkas Gus Ipul. (tof/**)