Sopir Bus di Terminal Blandongan Dites Urin, Bagaimana Hasilnya?

74

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sopir bus umum di terminal Blandongan, Kota Pasuruan dites urine, Rabu (3/4/2024). Langkah itu dilakukan untuk memastikan sopir tidak menggunakan narkotika saat bekerja.

Jelang mudik Lebaran, Terminal Kota Pasuruan memperketat pengecekan kendaraan bus. Tindakan ini diambil guna menjaga keamanan dan keamanan penumpang saat mudik.

Tim pengawas terminal juga secara rutin melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik dan kelengkapan dokumen kendaraan, termasuk Surat Izin Trayek (SIT) dan Surat Izin Usaha Perjalanan Wisata (SIUP).

“Kami melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap kendaraan yang akan beroperasi, mulai dari kondisi mesin, rem, lampu, hingga kelengkapan dokumen,” ujar Yoyok Kristyo Wahono
Kepala UPT P3LLAJ Probolinggo Dishub Provinsi Jawa Timur.

Pihak terminal juga berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Dinas Perhubungan dan Kepolisian, untuk memperketat pengawasan dan menindak tegas kendaraan yang tidak memenuhi standar keselamatan. Seperti yang terlihat yakni pengecekan urin oleh tim sat resnarkoba.

Diketahui, upaya itu dilakukan untuk memastikan sopir tidak dalam pengaruh narkotika.

“Hasilnya tadi negatif semua untuk cek urin,” tuturnya.

Sayangnya, petugas masih menemukan kendaraan bus umum yang masih belum sesuai standar. Mulai dari surat-surat yang tidak lengkap, kaca pecah hingga kondisi rem kurang baik.

“Ada 5 tadi kendaraan yang belum sesuai, mulai dari kaca pecah, kondisi rem, penumpang berlebih sama surat-surat belum lengkap,” tandasnya. (Don/may)