Penumpang Arus Mudik di Terminal Bayuangga Probolinggo Mayoritas ke Timur

428

Probolinggo (WartaBromo.com) – Terminal Bayuangga Kota Probolinggo mencatat lonjakan penumpang selama periode angkutan lebaran mulai dari H-7 hingga H+4. Mayoritas menuju ke arah timur Pulau Jawa dan Bali.

Data resmi menunjukkan bahwa sebanyak 89 ribu penumpang telah diberangkatkan selama periode tersebut. Menandai peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurut data yang dirilis oleh Terminal Bayuangga, sejak arus mudik yang dimulai pada H-7 lebaran pada Senin (01/4/24) hingga H+4 Senin (15/4/24) penumpang yang diangkut mencapai 89.556 jiwa.

Lonjakan penumpang terbesar terjadi pada H+3 dan H+4, dengan jumlah penumpang mencapai 9.777 dan 13.832 penumpang secara berturut-turut.

Lonjakan yang sama juga terjadi pada kedatangan penumpang, dengan H+3 dan H+4 mencatat jumlah kedatangan penumpang masing-masing sebanyak 7.976 dan 11.353 penumpang.

Baca Juga :   8 PSK di Tretes Diamankan hingga Kejanggalan Kasus BOP di Kota Pasuruan | Koran Online 6 Apr

“Lebaran tahun ini penumpang yang menggunakan bus lebih banyak daripada tahun kemarin,” kata Kepala Terminal Bayuangga, Budi Harjo, Rabu (17/4/2024).

Ia menyatakan bahwa tren peningkatan ini, terutama disebabkan oleh penggunaan bus sebagai moda transportasi utama oleh penumpang. Pihaknya pun menambah 2 armada bus tambahan, khususnya untuk rute Yogyakarta.

Budi Harjo menegaskan bahwa tidak ada penambahan armada bus untuk rute lainnya, meskipun permintaan penumpang cukup tinggi.

“Rata-rata, tujuan penumpang cenderung ke arah timur, seperti Banyuwangi, Jember, dan Bali, meskipun ada juga yang menuju ke arah barat, khususnya Surabaya,” tandasnya. (lai/saw)