Gus Ipul Sentil PKB Butuh Regenerasi: Banyak Kader yang Bisa Memimpin PKB ke Depan

113
Gus Ipul Sentil PKB Butuh Regenarasi: Banyak Kader yang Bisa Memimpin PKB ke Depan
Saifullah Yusuf, Wali Kota Pasuruan dan Sekjen PBNU.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) kembali menyentil PKB. Kali ini Gus Ipul menyebut PKB butuh regenerasi ketua umum.

Gus Ipul mengungkapkan, PKB butuh menjaring dan mendengarkan aspirasi yang berkembang. Tidak hanya di internal partai sendiri, tapi juga di lingkungan sekitar PKB, termasuk di lingkaran NU.

Sebab bagaimanapun PKB didirikan oleh NU dan oleh karenanya, berkali-kali Gus Ipul menyarankan agar pimpinan PKB berkonsultasi dan meminta nasehat kepada PBNU.

“Kalau kemudian dikembangkan isu mau mengganti pimpinan itu adalah sesuatu yang biasa saja,” kata Gus Ipul di Kota Pasuruan, Rabu (17/04/2024).

Menurut dia, pergantian ketua umum merupakan hal yang wajar. Di PBNU misalnya, ketua umum PBNU sudah berganti berulang-ulang. Jika kemudian ada pergantian di tubuh PKB, maka itu menjadi sesuatu yang wajar.

Baca Juga :   Kekerasan antar Anak Masih Terjadi di Kabupaten Pasuruan

Bahkan pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan itu menyebut ada banyak kader yang mampu memimpin PKB ke depan.

“Ada Ibu Khofifah, Gus Yaqut, ada Karding, dan lain-lain. Tentu memang PKB memerlukan regenerasi. Bukan apa-apa, ini memang suatu keharusan yang harus dipahami dengan baik oleh kader PKB,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul menekankan bahwa PKB dan NU merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. NU tak bisa lepas tangan terhadap PKB, pun sebaliknya, PKB juga membawa embel-embel dalam aktivitas politiknya.

“Sekali lagi saya menyatakan, tidak ada upaya yang digerakkan kekuasaan untuk mengganti pimpinan PKB, tapi memang ini tuntutan alamiah. Tuntutan yang biasa dalam proses politik,” pungkas Gus Ipul. (tof/may)