Beredar Kabar, Seorang Warga Jadi Korban Tertimbun Longsor di Pronojiwo

48

Pronojiwo (wartabromo.com) – Longsor terjadi di Candipuro dan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, pada Kamis (18/4/2024). Beredar kabar jika longsor ini membuat seorang korban tertimbun longsor.

Seorang warga dalam rekaman video amatir melaporkan terjadinya tanah longsor yang menimpa bangunan, di sekitar Sriti Telkom Pronojiwo.

“Ada bencana lur, yang katanya ada korban di dalam. Untuk Polsek Pronojiwo tolong merapat ya, ini ada korban,” kata si perekam video, Kamis (18/04/2024) malam.

“Yok opo cak sur, innalillahi wainnalillahi rojiun,” begitu kalimat terakhir yang diucapkan si perekam video.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari jaringan relawan setempat, diduga ada satu korban jiwa akibat longsor itu. Namun belum diketahui identitasnya. Sampai saat ini, belum ada pernyataan resmi dari petugas terkait hal ini.

Sejak Kamis petang, kawasan Lumajang diguyur hujan deras. Menyebabkan aliran lahar dingin semeru meningkat drastis. Selain itu, sejumlah lokasi juga dilaporkan longsor.

Mulai dari kawasan piket nol sampai Pronojiwo. Menyebabkan jalur selatan Kabupaten Lumajang menuju Malang, terputus.

Diwartakan sebelumnya, beredar video amatir anak-anak dan wanita terjebak di atas gunung Jembatan Gantung Gondoruso Lumajang.

Mereka terjebak dan tidak bisa pindah, lantaran besarnya debit air. Dalam video amatir yang beredar, sejumlah warga yang terdiri dari perempuan, laki-laki dan anak kecil, terjebak.

“Tidak ada jalan keluar ini mbak, langsung lari, ke atas gunung iki, Soalnya hujan, bawa bayi semua ini mbak,” ujar wanita dalam rekaman video amatir berdurasi 26 detik.

Video itu viral dan diteruskan melalui aplikasi pesan singkat whatsapp pada Kamis (18/04/2024) malam. (lai/may)