Proyek Pintu Gerbang Wisata Bromo Telan 36 Miliar

17

Sukapura (WartaBromo.com) – Pembangunan Pintu Gerbang Wisata yang menjadi bagian dari penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo Tengger Semeru (BTS) Tahap IV di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, segera terealisasi. Proyek megah ini dengan anggaran mencapai Rp 36 miliar ditargetkan selesai pada bulan September 2024.

Proses pembangunan ini dilakukan setelah penandatanganan kontrak pekerjaan antara Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR RI dengan pemenang lelang pada Senin, 18 Maret 2024.

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ahmad Hasyim Ashari, pembangunan ini sempat terancam gagal pada tahap sebelumnya, namun berhasil diselesaikan pada tahap IV.

Baca Juga :   Pimpinan Dicatut Penipu, Pemkab Probolinggo Belum Ambil Langkah Hukum

“Sembangunan ini merupakan bagian dari upaya penataan KSPN BTS yang telah dimulai sejak tahap sebelumnya,” sebut Hasyim.

Selain membangun pintu gerbang, area ini juga akan difungsikan sebagai lokasi pemberhentian kendaraan besar. Semua kendaraan wisatawan diharuskan untuk transit di lokasi tersebut, sebelum melanjutkan perjalanan menuju kawasan Gunung Bromo.

Meskipun pembangunan telah dimulai, Hasyim belum dapat memastikan apakah pekerjaan sudah dimulai atau belum, mengingat pemenang tender memiliki waktu enam bulan hingga September 2024 untuk menyelesaikan proyek ini.

Proyek ini juga menarik perhatian karena didanai oleh Bank Dunia yang memiliki banyak penilaian terhadap suatu wilayah dan pengerjaan, termasuk dampak sosialnya.

“Unsur sosial menjadi pertimbangan utama bagi Bank Dunia dalam menilai proyek ini,” jelas Hasyim.

Baca Juga :   Cinta Segitiga Melatari Kasus Pembunuhan Warga Tegalsiwalan

Dengan penyelesaian proyek ini, diharapkan akan meningkatkan fasilitas pariwisata dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Bromo Tengger Semeru. (saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.