Banjir Luapan Terjang Lumajang, Puluhan Rumah Terendam hingga Rusak

103
Cegah Banjir Berulang, Pemkab Lumajang Normalisasi Kali Asem

Lumajang (wartabromo.com) – Selain banjir lahar Semeru, banjir luapan juga terjadi di sejumlah titik Kabupaten Lumajang. Puluhan rumah dilaporkan terendam air dan rusak.

Banjir tersebut disebabkan oleh hujan deras dengan intensitas tinggi sejak siang hari. Akibatnya, banjir kiriman dari aliran sungai di atas meluap hingga ke wilayah pemukiman warga, termasuk Kelurahan Rogotrunan, Kecamatan Lumajang.

Nanang, seorang warga, menyatakan bahwa banjir ini sudah beberapa kali terjadi saat hujan deras berlangsung berjam-jam.

“Seharian kemarin memang hujan. Deras, terang sebentar, deras lagi, begitu terus,” ujar Nanang, Jumat dinihari.

Sementara itu, Mujiarti, warga lainnya, mengungkapkan bahwa puluhan rumah terendam banjir luapan Sungai Asem. Selain itu, ada beberapa rumah yang mengalami kerusakan.

Baca Juga :   Dua Bocah Tenggelam di Bekas Tambang Lumajang

Sejumlah relawan telah melakukan evakuasi warga rentan dan ibu-ibu dari banjir. “Kalau saya masih nunggu di sini mas, banyak perabotan,” ujarnya.

Air banjir sendiri terus meninggi. Membuat Mujiarti harus menyelamatkan barang-barang berharga miliknya.

Jauhari, relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), menyampaikan bahwa ada beberapa titik di kawasan kota yang dilaporkan terendam banjir.

“Beberapa jembatan juga dilaporkan terputus akibat banjir. Petugas BPBD Kabupaten Lumajang sedang melakukan evakuasi dan assessment terkait dampak banjir di sejumlah titik,” terangnya.

Peristiwa banjir ini turut meresahkan warga Lumajang. Pihak berwenang terus berupaya melakukan penanganan dan bantuan bagi warga terdampak. (lai/may)