Pipa Terganggu, 355 Warga Tegalsiwalan Krisis Air Bersih

35

Tegalsiwalan (WartaBromo.com) – Ratusan warga Desa Malasan Wetan, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo alami krisis air bersih. Gegara pipa saluran air bersih ke kampung tersebut rusak.

Krisis air bersih tersebut sudah berlangsung dalam seminggu terakhir. Melanda Dusun Tunggulasih RT 01, 02 RW 01 Desa Malasan Wetan. Diperkirakan ada 115 kepala keluarga dan 355 jiwa yang terdampak.

“Sudah seminggu air tidak mengalir ke kampung, ngirit-ngirit air yang ada. Ya terpaksa kami mencari ke lain dusun,” tutur Ahmad, warga setempat.

Untuk mengatasi krisis air bersih tersebut, Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo melakukan pendistribusian bantuan air bersih.

Baca Juga :   Genangan Air Tinggi, BPBD Kabupaten Probolinggo Lakukan Penyedotan

Sebanyak 12.000 liter air bersih disalurkan pada Selasa (7/5/2024). Penyaluran air bersih dilanjutkan pada hari ini, Rabu (8/5/2024), sebanyak 17.000 liter.

Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo, R Oemar Sjarif, menyebut penyaluran air bersih tersebut sebagai respon atas terputusnya pipa PDAM selama 1 minggu. Supaya warga tidak mengalami krisis air bersih berkepanjangan.

“Kami berkoordinasi dengan PDAM untuk segera memperbaiki pipa yang rusak guna mengatasi masalah ini. Ini merupakan langkah strategis untuk memastikan pasokan air bersih kembali normal bagi masyarakat yang terkena dampak,” ujarnya. (lai/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.