Mengenal Ning Hindun, Gagal Nyaleg di Dapil Jateng II Kini Ditunjuk Jadi Ketua Karteker DPC PKB

204

Pasuruan (WartaBromo.com) – DPP PKB telah menunjuk Hindun Anisah sebagai Ketua Karteker DPC PKB Kabupaten Pasuruan pada Senin (20/5) kemarin.

Lalu, siapakah sosok perempuan yang akrab dikenal Ning Hindun tersebut?

Ning Hindun bukanlah nama yang asing dikalangan Nahdliyin. Ia merupakan cucu Almarfullah KH Abdul Hamid dari anak keempat (Alm). H.M Nasih Hamid.

Perempuan kelahiran Yogyakarta, 2 Mei 1974 itu aktif di dalam dunia keagamaan, terutama setelah sukses menggelar acara Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI). Ia beserta suaminya, KH. Nuruddin Amin kini mengelola Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari, di Bangsri, Jepara Jawa Tengah.

Ning Hindun juga menggeluti dunia aktivisme yang fokus pada isu-isu perempuan dan hak asasi manusia. Pada tahun 2011 lalu, ia pernah dilibatkan sebagai satgas perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga :   Masih Menjelajah, PKB Belum Tentukan Sikap Hadapi Pilwali
Ning Hindun (Tengah) | Sumber: IG Hindun Anisa

Selain melakukan advokasi, Ning Hindun juga memberikan ceramah-ceramahnya mengenai pemberdayaan perempuan dalam perspektif Islam di berbagai negara, seperti Mesir, Singapura serta Malaysia.

Dalam dunia politik, Ning Hindun menjabat sebagai Wasekjen DPP PKB dan kini menjadi Staff Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI sejak tahun 2018 lalu. Pada gelaran pemilu kemarin, ia mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dapil Jateng II namun kalah dalam perolehan suara.

Kepengurusan DPC PKB Pasuruan mengalami kekosongan setelah Gus Irsyad menyatakan mundur dari posisi ketua pada Jum’at (17/5/2024) lalu.

Irsyad beralasan bahwa dia tak mampu memegang komitmen untuk menambah perolehan kursi PKB di wilayahnya.

Menanggapi kondisi tersebut, DPP PKB menetapkan Ning Hindun sebagai Ketua Kartaker DPC PKB Pasuruan dan dikenalkan saat acara silaturahmi DPC dan DPAC PKB se-Kabupaten Pasuruan di kantor DPC PKB setempat, Senin (20/5/2024). (ham/yog)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.