Sosialisasi PJL Bentuk Komitmen Pelestarian Lingkungan, AQUA Keboncandi Bersama YSKI Resmikan ‘Bakol’

99

Pasuruan (WartaBromo.com) – Sebagai bentuk komitmen dalam melakukan Konservasi Kawasan Recharge dan pelestarian alam, PT. Tirta Investama (AQUA Keboncandi) bermitra dengan Yayasan Sekola Konang Indonesia (YSKI) menggelar Sosialisasi “Pembayaran Jasa Lingkungan (PJL) tahun ke-3 di Desa Galih melalui Hutan Lestari dan peresmian rumah produksi Bank Kompos Lestari (Bakol).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Galih, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, pada Selasa (21/5/24) dihadiri Ketua Harian YSKI Purjoko, SR Manager AQUA Keboncandi Hari Wicaksono, Kades Galih, Kelompok Masyarakat Peduli Sungai (KMPS) Pranata, dan undangan lainnya.

Eko Miwanto Kepala Desa Galih menyampaikan selamat datang kepada YSKI dan AQUA Keboncandi, serta menyambut baik atas maksud dan tujuan kegiatan yang digelar.

“Selamat datang saya ucapkan kepada YSKI dan perwakilan dari AQUA Keboncandi, semoga kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar, dan saya menyambut baik dengan kegiatan yang berlangsung hari ini,” ucapnya.

Baca Juga :   AQUA Keboncandi Kenalkan Mobile CUSO 2.0, Permudah Anggota KSP Tiga Serangkai Sejahtera

SR Manager Aqua Keboncandi, Hari Wicaksono menjelaskan bahwa AQUA Keboncandi secara berkelanjutan berkomitmen dalam pelestarian lingkungan. Program konservasi di Desa Galih, Kecamatan Pasrepan selaku penyedia jasa dalam penerapan imbal jasa lingkungan/Payment for Ecosystem Service (PES) memiliki tugas dan fungsi untuk melakukan aktivitas konservasi tanah dan air, khususnya yang berbasis kebutuhan dan keanekaragaman lokal di kawasan Hulu DAS Rejoso.

“Bagi kawasan tengah dan hilir, skema PES diharapkan dapat menjadi sebuah upaya REINVESTASI terhadap lingkungan untuk menjamin keberlangsungan layanan jasa lingkungan yang berkontribusi besar dalam aktivitas ekonomi dan sosial khususnya bagi masyarakat Desa Galih,” urai Hari.

Perwakilan KMPS (Kelompok Masyarakat Peduli Sungai) Pranata Juman menyampaikan rasa terimakasih atas bimbingan yang diberikan AQUA Keboncandi bermitra dengan YSKI.

Baca Juga :   PT Tirta Investama Aqua Keboncandi Raih Predikat Gold pada Nusantara CSR Award 2023

“Kami, sangat berterimakasih atas edukasi serta bimbingan dari AQUA Keboncandi yang berkolaborasi dengan YSKI dalam memberikan edukasi serta pendampingan kepada kami untuk lebih sadar dalam kelestarian alam untuk keberlangsungan bersama,” papar Juman.

Diketahui, selain edukasi dan pendampingan, AQUA Keboncandi dan YSKI juga akan meresmikan Rumah Bakol (Bank Kompos Lestari) yang merupakan rumah mandiri pupuk belajar dan berinovasi yang bertempat di RT:03 RW:08 Dusun Klakahrejo, Desa Galih, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan.

Ditempat yang sama, Ketua Harian YSKI Purjoko menjelaskan tentang YSKI yang merupakan Yayasan yang selalu melakukan kajian serta riset dalam menjaga kelestarian alam dalam menjaga ekosistem supaya kembali asri dan bisa berdampak dikemajuan ekonomi.

“Jadi nantinya, lingkungan kembali terjaga dengan terus melakukan riset untuk ekosistemnya, yang meliputi Flora Fauna. Juga kami tetap menjaga resapan air bumi dengan membuat rorak serta sumur resapan yang disuport oleh AQUA Keboncandi yang telah menjadi mitra kami, serta dibantu teman-teman KMPS dengan tujuan menabung serta pembayaran jasa lingkungan,” terang Purjoko.

Baca Juga :   Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah, AQUA Keboncandi Sosialisasikan Program Pemberdayaan Ekonomi

Lebih lanjut, setelah MOU untuk kerja sama tidak hanya menanam tapi menjaga merawat sampai bisa produksi, yakni 15 hekta lahan yang akan masuk dalam kegiatan kedepan.

“Tahun 2024 ditargetkan pemanfaatan lahan yang utama di pecaton seluas 10 hektar kemudian ada 5 hektar yang di lahan masyarakat. Disini tidak hanya menanam, tapi menjaga merawat sampai bisa produksi serta ada keberlangsungan terus menerus. Inti dari semuanya adalah menjaga kelestarian lingkungan,” pungkas Purjoko.

Diakhir acara dilakukan penanaman pohon yang dilakukan oleh perwakilan SR Manager AQUA Keboncandi Hari Wicaksono, Ketua Harian YSKI Purjoko, Kades Galih Eko Miwanto, dan perwakilan KMPS Pranata Juman. (*)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.